Lima Truk Sampah DKI Jakarta Bakal Bertenaga Listrik

FTNews – Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengadakan lima unit truk pengangkut sampah jenis compact listrik untuk mendukung penggunaan kendaraan ramah lingkungan.

Kepala Bidang Pengurangan dan Penanganan Sampah Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Dedy Setiono mengatakan, lima unit truk ini memiliki kapasitas enam sampai tujuh meter kubik.

“Tahun ini akan memiliki lima unit compactor listrik termasuk chargernya,” kata Dedy, dalam keterangannya, pada Selasa (20/2).

Lebih lanjut Dedy mengungkapkan pengadaan compactor listrik ini merupakan komitmen menuju masa depan Indonesia yang lebih hijau dan berkelanjutan serta berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon transportasi.

“Ini merupakan semangat mengurangi polusi udara. Kita mulai menggagasnya melalui operasional compactor listrik ke depannya,” jelas Dedy.

Sementara itu Dedy mengatakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKL) atau Charging Station truk ini akan diletakkan di TPST Bantar Gebang.

“Pengisian daya SPKLU super cepat. Karena super fast charging jadi daya penuh dalam 20 sampai 30 menit per kendaraan,” papar Dedy.

Selain itu nantinya para operator truk ini tentunya telah dilatih mengoperasikan compactor listrik. Operator akan cepat beradaptasi karena pengoperasiannya tidak jauh berbeda dengan compactor konvensional berbahan bakar solar.

“Kami membawa semangat mengurangi emisi dalam pengelolaan sampah di Jakarta. Karena tahapannya panjang seperti produksi dan sebagainya maka akan dilaunching akhir 2024,” ungkap Dedy.

Artikel Terkait