Lionel Messi Raih Ballon d’Or Ketujuh Kalinya

Forumterkininews.id, Paris – Rekor baru dicatat Lionel Messi. Pemain Argentina yang kini bermain untuk klub Paris St Germain (PSG) itu kembali meraih gelar Ballon d’Or. Raihan ini menjadi catatan ketujuh yang dibukukan Messi sejak pertama kali menerimanya pada 2009.

Sukses meraih Ballon d’Or tahun ini setelah Messi unggul atas pesaingnya asal Polandia yang juga penyerang Bayern Muenchen, Robert Lewandowski, serta pemain Italia yang bermain di Chelsea, Jorginho.

“Luar biasa bisa berada di sini lagi. Saya kira, dua tahun lalu menjadi yang terakhir,” kata Messi mengutip France Football, dalam acara yang digelar di Theater du Chatelet Paris, Senin (29/11) malam waktu setempat.

Menurut mantan bintang Barcelona itu, keberhasilan dirinya meraih Ballon d’Or tidak terlepas dari sukses Argentina di ajang Copa America 2021 di mana tim berjuluk “Tango” tampil sebagai juara setelah mengalahkan Brasil di final. Messi sendiri terpilih sebagai pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak kejuaraan itu.

“Tahun ini menjadi sangat spesial buat saya dengan gelar Copa America. Memenangi trofi ini di Stadion Maracana sungguh berarti. Saya sangat senang merayakannya bersama rakyat Argentina,” Messi mengungkapkan.

Namun begitu, katanya, dirinya masih belum mengetahui apakah di tahun 2021 ini menjadi tahun terbaik dalam hidupnya. “Saya melewati karier yang panjang, tapi itu memang tahun yang istimewa setelah meraih gelar bersama Argentina di masa-masa sulit dan penuh kritikan,” kata Messi.

Kini, dengan tambahan satu gelar Ballon d’Or berarti Messi kembali mengungguli rival utamanya Cristiano Ronaldo yang merebut sebanyak lima kali. Messi sendiri merebutnya pada 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, dan 2019. Tahun 2020, Ballon d’Or tidak diselenggarakan akibat pandemi, dan baru tahun ini kembali diadakan.

BACA JUGA:   Pelamar CPNS Tembus 2 Juta, Berikut Instansi yang Masih Sepi Peminat

Ballon d’Or dipilih oleh 180 wartawan dari seluruh dunia. Messi sendiri meraih 613 poin, Lewandowski 580 poin, dan Jorginho 460 poin. Selain ketiganya ada dua pemain lain yang juga masuk nominasi, yakni Karim Benzema (Real Madrid) dan Ngolo Kante (Chelsea), yang masing-masing berada di posisi keempat dan kelima.

Daftar Peraih Penghargaan Ballon d’Or 2021:

Penyerang Terbaik: Robert Lewandowski
Penjaga Gawang Terbaik: Gianluigi Donnarumma (PSG)
Pemain Putri Terbaik: Alexia Putellas (Barcelona)
Pemain Muda Terbaik: Pedri (Barcelona)
Klub Terbaik: Chelsea (Inggris)

Artikel Terkait