LSI: 71 Persen Masyarakat Percaya Putusan MK atas PHPU Pilpres 2024 Adil

FTNews – Sebanyak 71 persen masyarakat percaya Mahkamah Konstitusi (MK) akan membuat keputusan yang adil atas perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Hal ini merupakan hasil survei Lembaga Survei Indonesia yang mereka rilis, Kamis (18/4) secara daring. Hasil survei bertajuk “Sikap Publik Terhadap Putusan KPU, Persidangan MK, dan Isu Nasional”.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan ada sekitar 54,3 persen masyarakat yang mengikuti proses persidangan. Sedangkan 45,7 persen masyarakat tidak tahu dan tidak mengikuti.

“Di antara yang mengikuti sidang-sidang MK, menariknya itu lebih banyak yang percaya MK akan mengeluarkan keputusan yang bersifat adil,” kata Djayadi saat memaparkan hasil survei.

Apabila digabungkan dengan masyarakat yang tidak mengikuti persidangan, hasilnya mencapai 60,8 persen masyarakat yang percaya MK bakal memutus persidangan dengan adil.

“Kalau digabungkan dengan antara yang nonton dan tidak nonton, maka tingkat kepercayaan kepada putusan MK akan adil itu menurun di kisaran 60,7 persen saja. Meskipun masih mayoritas percaya kepada MK,” ucapnya.

Hasil ini pun sejalan dengan survei LSI, di mana MK masuk dalam empat besar lembaga yang masyarakat percaya. Adapun posisi pertama lembaga masyarakat percayai adalah TNI, kemudian Presiden, Kejaksaan Agung dan MK.

“MK menjadi lembaga nomor empat. Bersaing dengan Kejaksaan Agung yang dipercaya masyarakat hanya kalah dari TNI dan Presiden,” tambah Djayadi.

Ia pun menilai MK sudah mulai kembali ke posisinya yang lama dari segi urutan meski belum diikuti angka absolutnya.

Survei ini LSI lakukan pada 7-9 April 2024 dengan melibatkan 1.213 responden. Mereka LSI wawancarai melalui sambungan telepon. Margin of error plus minus 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

DPR Sahkan UU Kementerian, Jumlah Sesuai Kebutuhan

FT News – DPR RI secara resmi telah mengesahkan...

KPPU Duga Lion Air Group Lakukan Monopoli Harga Tiket Pesawat

FT News – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menduga...