Luhut: Omicron Bukan Satu-satunya Sumber Ketidakpastian Global 2022

Forumterkininews.id, Jakarta- Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, sejauh ini varian Covid-19 Omicron masih menunjukkan gejala ringan hingga sedang. Meski demikian, penyebaran varian tersebut perlu diwaspadai.

“Menurut perkiraan awal, Omicron berpotensi lebih menular dan memiliki karakteristik kekebalan lolos dari vaksinasi. Di sisi lain, sejauh ini, gejalanya ringan hingga sedang,” kata Luhut dalam keterangan tertulis, Jumat, (17/12)

Adapun ketakutan varian Omicron, tutur Luhut, pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan pada akhir November. Varian tersebut membuat setiap negara di dunia, termasuk Indonesia, waspada.

Perkembangan varian Omicron ini diperkirakan menjadi kunci pemulihan ekonomi pada 2022. Jika virus ini mengakibatkan kasus rawat inap akibat Covid-19 meningkat secara signifikan, pemulihan ekonomi akan lebih lambat ketimbang yang diharapkan.

“Jika Covid-19 menjadi lebih menular, itu diprediksi akan menghasilkan gejala yang minimal. Jika ini terjadi, kita dapat mengharapkan pemulihan yang lebih cepat dan seperti kita dapat hidup berdampingan dengan virus dengan lebih aman,” tutur Luhut.

Kendati membuat sejumlah negara waspada, Luhut berujar varian Omicron tidak akan menjadi satu-satunya sumber ketidakpastian global pada 2022.

Normalisasi stimulus yang dilakukan oleh bank sentral, seperti The Fed, turut mengakibatkan likuiditas yang tersedia di negara berkembang akan menurun.

Faktor lain yang menimbulkan ketidakpastian adalah masalah ekonomi domestik China, seperti gagal bayar properti, yang berpotensi berdampak pada Indonesia. Menurut Luhut, karena China merupakan tujuan ekspor utama Indonesia.

“Saat ini Indonesia tidak bisa lepas dari tantangan global yang semakin hari semakin kompleks dan dinamis. Karena itu, kata dia, negara perlu beradaptasi dan mengenali peluang dari setiap tantangan,” pungkasnya.

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

DPR Sahkan UU Kementerian, Jumlah Sesuai Kebutuhan

FT News – DPR RI secara resmi telah mengesahkan...

KPPU Duga Lion Air Group Lakukan Monopoli Harga Tiket Pesawat

FT News – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menduga...