Madu Hutan, Kaya Antioksidan hingga Percepat Sembuhkan Luka

Forumterkininews.id, Jakarta – Madu hutan merupakan madu mentah alami yang biasa menjadi obat tradisional masyarakat Indonesia. Madu tersebut memiliki khasiat serta manfaat yang berbeda dari madu olahan.

Ketua Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Inggrid Tania menjelaskan, madu hutan bisa menjadi penjaga imun tubuh saat polusi udara seperti saat ini.

“Zat antioksidan di dalam madu hutan lebih banyak dibanding madu ternak sehingga bagus sebagai langkah pencegahan agar tidak terkena dampak buruk dari polusi atau cuaca panas,” jelasnya dalam laman Antara.

Manfaat madu hutan

Mengutip berbagai sumber, berikut ini manfaat lain madu hutan :

Kandungan antioksidan 

Madu hutan memiliki senyawa antioksidan yang berguna untuk mengurangi stres oksidatif dalam tubuh dengan membersihkan radikal bebas. Dengan mengoonsumsi madu tersebut dapat mencegah sel kanker dan mengurangi risiko penyakit berbahaya.

Antibakteri

Antibakteri alami pada madu hutan memiliki kegunaan untuk membunuh jamur dan bakteri yang ada dalam tubuh karena memiliki pH yang rendah.

Mengobati batuk

Dapat mengobati sakit batuk yang cukup efisien, serta aman untuk anak-anak yang menjadikan madu hutan tersebut sebagai alternatif obat batuk alami.

Mempercepat penyembuhan luka

Antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan madu hutan dapat mempercepat penyembuhan luka pada tubuh. Madu yang bersifat asam tersebut dapat melepaskan oksigen dari luka. Caranya dengan mengoleskan madu ke bagian yang luka.

Obat diare

Dengan meminum madu hutan sebanyak satu sendok teh, akan mengobati diare ringan pada sistem pencernaan. Namun tidak boleh meminum terlalu banyak, karena memiliki kandungan gula yang tinggi jika berlebihan.

Artikel Terkait