Makanan Terbaik Bagi Ibu Hamil, Penting Untuk Dicatat

FTNews – Ibu hamil sering kali sulit untuk mengonsumi makan karena terhalang rasa mual dan muntah. Namun, jangan sampai kondisi ini membuat ibu dan anak tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Untuk itu, penting untuk mengetahui makanan terbaik bagi ibu hamil.

Selain mual dan muntah, ibu hamil biasanya mengalami penurunan nafsu makan. Salah satu faktornya karena makanan tersebut tidak ia sukai dan bukan makanan favoritnya.

Larangan konsumsi makanan juga menjadi salah satu faktor ibu menghadapi penurunan nafsu makan. Namun, Live Science menyebut, lebih penting untuk mengonsumi apa yang bernutrisi dan makanan terbaik bagi ibu hamil, dibandingkan memikirkan apa yang tidak bisa dimakan.

Pasalnya, ibu dan bayi harus mendapatkan gizi yang cukup selama kehamilan. Gizi ini termasuk vitamin dan mineral, seperti zat besi dan folat yang memainkan peran penting dalam perkembangan kesehatan bayi.

Juru bicara Ahli Diet Onkologi di the Academy of Nutrition and Dietetics and Oncology Dietitian dari the Trinity Health-Lacks Cancer Center, Amy Bragagnini memberikan rekomendasi makanan untuk ibu hamil.

Makanan Terbaik Bagi Ibu Hamil
Foto; Live Science

Makanan Terbaik Bagi Ibu Hamil

Makanan Kaya Asam Folat

Amy menyarankan ibu hamil untuk banyak mengkonsumsi sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan pisang. Jumlahnya sekitar 400 mikrogram per hari. 

Selain itu, asam folat juga bisa didapatkan dari bayam, kangkung, brokoli, ketang, dan daun bawang. Buah seperti jeruk, tomat, buah bit juga baik untuk dikonsumsi. “Saya merekomendasikan mengonsumsi asam folat dalam jumlah yang cukup untuk membantu mencegah cacat tabung saraf,” ujarnya.

Daging dan Bayam

Ibu hamil rentan mengalami anemia karena kekurangan zat besi. Untuk itu, Amy merekomendasikan makanan terbaik bagi ibu hamil selanjutnya adalah daging tanpa lemak dan bayam. “Mereka sebaiknya mengonsumsi sekitar 27 miligram zat besi per hari,” kata Amy.

BACA JUGA:   Konsumsi Manis di Era Modern Tingkatkan Risiko Diabetes

Selain itu, tahu, tempe brokoli biji labu, dan sawi dapat menjadi alternatif apabila mereka seorang vegetarian. “Misalnya, tambahkan brokoli ke dalam tumisan tahu atau tambahkan paprika dan tomat ke dalam salad quinoa Anda.” ujar Amy.

makanan terbaik bagi ibu hamil.
Yogurt. Foto: Pexels

Susu dan Yogurt

Kalsium dalam susu tidak hanya berguna untuk ibu hamil, tetapi juga untuk perkembangan sistem kerangka bayi. Mereka direkomendasikan minum susu tinggi kalsium sebanyak 1500-2000 mg/hari.

Selain pada susu, kalsium juga dapat ditemui pada yogurt. Namun, perlu diperhatikan untuk memilih yogurt tanpa lemak. Dalam 250 gr yogurt diketahui mengandung sekitar 260 mg kalsium.

Produk Hewani

Makanan terbaik bagi ibu hamil yang terakhir adalah produk hewani yang tinggi kolin, karena bermanfaat untuk metabolisme ibu dan perkembangan otak bayi. Kolin dapat ditemui pada udang, telur, daging merah, ikan, dan jamur shitake. Adapun asupan yang dianjurkan adalah 450 mg sehari.

Artikel Terkait