Maskapai Qatar Airways Buka Rute Penerbangan Doha-Kualanamu

FTNews – Maskapai Qatar Airways membuka rute penerbangan Doha-Kualanamu pergi pulang. Dengan dibukanya jalur baru tersebut disambut baik oleh Komite Operator Penerbangan (AOC) Bandar Udara Internasional Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang.

“Dampak positifnya semakin ramai penerbangan yang masuk ke Kualanamu sesuai harapan pengelola bandara, terutama PT Angkasa Pura Aviasi,” ungkap Ketua AOC Bandara Internasional Kualanamu Rahmat Iskandar di Medan.

Rahmat bahkan menyebut, pengelola Bandar Udara Internasional Kualanamu berkeinginan menjadikannya sebagai hub atau pengumpul penerbangan internasional di negara-negara wilayah ASEAN.

Ia mengemukakan untuk menjadi hub, bandar udara yang berada di Kabupaten Deli Serdang tersebut harus sekelas dengan Bandar Udara Internasional Changi di Singapura maupun Bandara Internasional Kuala Lumpur di Malaysia.

Sementara itu, rute tersebut telah melayani penerbangan langsung perdana dengan rute Doha-Kualanamu pergi pulang pada Senin (15/1). Pesawat yang digunakan dalam penerbangan tersebut, yakni jenis Boeing 787 Dreamliner.

Nantinya pesawat dengan nomor penerbangan QR966 sebanyak tiga kali sepekan, yakni Senin, Kamis dan Sabtu.

“Ini salah satu hub ya, dan salah satu hub yang nantinya akan dibangun untuk menyaingi kedua bandara masing-masing di Singapura dan Malaysia tersebut,” katanya.

Keberadaan rute baru tersebut disambut positif Penjabat Gubernur Sumut Hasssanudin. Ia mengatakan penerbangan langsung rute Doha-Kualanamu pergi pulang akan meningkatkan perekonomian wilayah ini.

“Bagus, rute penerbangan ini akan meningkatkan perekonomian kita,” ujar Hassanudin.

Bahkan dengan adanya penerbangan langsung ke Doha, justru membuktikan bahwa Sumut mengalami kemajuan, sehingga dapat lebih meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kita semakin lebih hebat, ini membuktikan kita semakin maju,” katanya.

Artikel Terkait