Mengenal “Madsaz”, Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi!

Forumterkininews.id, Jakarta – Di tengah era gempuran teknologi yang semakin canggih, tahu gak sih ada aplikasi yang bisa menerjemahkan bahasa tangisan bayi loh? Ini dia aplikasi “Madsaz” aplikasi yang dibuat oleh Medhanita Dewi seorang dosen Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor.

Medhanita Dewi, menciptakan sebuah aplikasi yang dapat menerjemahkan suara tangisan bayi.  Aplikasi ini dibuat karena keresahannya saat mengandung anak. Melalui aplikasi ini, kita dapat mengerti berbagai macam tangisan bayi.

Mungkin bagi orang dewasa yang mendengar tangisan bayi terasa sama saja. Namun setelah didengarkan lebih jelas setiap tangisan bayi berbeda-beda bunyinya.

Aplikasi “Madsaz” ini diluncurkan di Play Store pada tahun 2018. Aplikasi ini memiliki fungsi untuk membantu orang tua yang memiliki bayi lebih peka terhadap tangisan anak mereka.

Dalam video resmi yang diunggah di kanal YouTube Sekolah Vokasi IPB, Medhanita Dewi menjelaskan bahwa terdapat lima jenis tangisan bayi yang dapat diidentifikasi oleh aplikasi ini, yaitu “eh,” “neh,” “owh,” “eairh,” dan “heh,” di mana setiap jenis tangisan memiliki arti yang berbeda.

Cara kerja aplikasi ini adalah dengan menekan tombol rekam yang bergambar bayi saat bayi menangis. Dalam beberapa saat, aplikasi akan mengidentifikasi jenis tangisan bayi. Serta memberikan suara tangisan bayi tersebut, arti dari tangisan tersebut dan solusi yang dapat diambil oleh orang tua.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk bayi yang berusia 0 hingga 3 tahun. Dalam pengembangan aplikasinya, Medhanita menggunakan 35 tangisan bayi sebagai data uji coba, dan aplikasi ini memiliki tingkat akurasi sekitar 94 persen.

Ibu-ibu di luar sana khususnya ibu baru tidak perlu khawatir lagi perihal tangisan bayi. Hanya dengan mengklik rekam saja, kita dapat mengerti maksud dari bayi yang menangis. Kita juga tidak pelu bingung tindakan apa yang harus dilakukan agar bayi merasa nyaman, karena aplikasi ini dapat memberikan solusi dan saran untuk tindakan yang kita lakukan selanjutnya kepada bayi.

BACA JUGA:   Usai Gelar Polling di Twitter, Elon Musk Jual Rp 71 T Saham Tesla

Perkembangan teknologi seperti aplikasi “Madsaz” ini memiliki manfaat besar dalam membantu orang tua, terutama ibu baru, untuk lebih memahami dan merespons kebutuhan bayi mereka. Semula Bahasa bayi tidak bisa kita mengerti, sekarang kita bisa mengertinya hanya dalam sekali klik!

Artikel Terkait

Live Streaming di Indonesia, Youtuber IShowSpeed Sampai Dibikin Nangis!

FT News - Seorang Youtuber asal Amerika Serikat (AS), IShowSpeed,...

Respon Polos Orang Indonesia saat Bertemu Youtuber Speed: Dia Siapa?

FT News - Youtuber Speed atau IShowSpeed sedang berkunjung...

Patch Update Wasteland Storm di Garena Undawn Bakal Hadir 19 September

Garena Undawn akan merilis pembaruan patch update Wasteland Storm...

Cek Nomor HP, Ada Aplikasi Selain GetContact

FT News – Akun Fufufafa semakin ramai diperbincangkan oleh...