Pecatur Terbaik Dunia Peroleh Gelar Grandmaster di Usia 13 Tahun

FTNews – Catur adalah permainan papan yang sudah ada sejak abad ke-15. Dari tahun 2013 hingga 2023, seorang pria dari Norwegia, mendominasi permainan ini.

Magnus Carlsen, 33 Tahun, menjadi pemain terbaik yang pernah bermain catur dalam satu dekade ini. Memperoleh gelar tertinggi di catur, Grandmaster (GM), pada umur 13 tahun, Magnus terus mendominasi olahraga ini.

Magnus menjadi juara dunia di tahun 2013, mengalahkan GM Viswanathan Anand yang pada saat itu sebagai juara bertahan. Ia berhasil mempertahankan gelar juaranya selama sembilan tahun.

Lalu, ia melepas gelar tersebut setelah ia kehilangan motivasi untuk mempertahankan gelarnya di tahun 2023.

Dari awal karirnya hingga sekarang, Magnus telah memenangkan banyak gelar prestisius di dalam olahraga catur. Lima kali ia memenangkan World Chess Champion, lima kali World Rapid Chess Champion, dan tujuh kali World Blitz Chess Champion.

Ia juga memegang rekor tak terkalahkan beruntun sebanyak 125 permainan dalam format klasik. Magnus memegang rekor tersebut sejak tahun 2018, saat ia mengalami kekalahan melawan GM Shakhriyar Mamedyarov, hingga tahun 2020 saat ia kalah melawan GM Jan-Krzysztof Duda.

Sejak tahun 2011, Magnus menduduki peringkat ke satu di dunia dalam format klasik hingga saat ini. Belum ada pemain lainnya yang dapat mengkudeta posisi tersebut.

Saat ini, Magnus memiliki kesempatan untuk bertarung mendapatkan gelar juara dunia lagi karena ia memenangkan turnamen World Cup. Akan tetapi, dia masih menolak untuk ikut dalam pertarungan ini.

“Terima kasih atas undangannya, saya tidak ingin menjadi anggota klub manapun yang menginginkan saya menjadi anggotanya saat ini,” ungkapnya melalui media sosial.

Artikel Terkait

Mengenal Lebih Jauh Olahraga Padel

FT News - Olahraga Padel memang masih asing di...

Viral Plafon Venue Menembak PON XXI Ambruk, Menpora: Akibat Cuaca Buruk

FT News - Kebobrokan kembali muncul dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga...

Anggaran Penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024 Mencapai 3,94 triliun

FT News - Anggaran penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024...

Viral Atap Venue PON Cabor Menembak Ambruk, Warganet: Udah Gak Beres Ini!!

FT News - Video peristiwa ambruknya bangunan venue cabang...