Peduli Lingkungan, IKA UII Tanam Sejuta Pohon

Forumterkininews.id, Sleman – Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII) menggelar kegiatan UII Bumi Lestari, Jumat (31/12). Kegiatan ini berisi penanaman sejuta pohon secara serentak di seluruh Indonesia.

Ketua Umum IKA UII, Professor Syarifuddin menyambut baik kegiatan yang digagas Rektor UII Prof. Fathul Wahid ini. Menurutnya gerakan ini menjadi bukti komitmen civitas akademika UII dan alumninya untuk melestarikan alam.

Gerakan bumi lestari diterjemahkan sebagai gerakan menanam sejuta pohon. Jumlah sejuta pohon akan dicapai secara bertahap dan berkelanjutan.

“Sebatang Pohon yang kita tanam hari ini akan menyelamatkan kelestarian bumi di masa depan,” ujar Syarifudin yang juga Ketua Mahkamah Agung (MA).

“Secara moral, kita memiliki hutang besar pada anak-cucu, karena telah mengambil jatah udara bersih mereka, jatah lingkungan asri mereka,” tutur Syarifuddin.

Sementara itu Sekjen DPP IKA UII, Ari Ysusuf Amir mengatakan pembangunan, meski di satu sisi penting untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. Namun di sisi lain pembangunan tanpa perencanaan yang tepat dan berkelanjutan akan menyebabkan kerusakan lingkungan.

Yang lebih memprihatinkan, ada pihak yang justru dengan sengaja merusak lingkungan dengan membakar hutan, untuk memperoleh keuntungan.

“Dengan pertimbangan itu, kita membangun kesadaran bersama, melestarikan bumi merupakan tanggungjawab moral sebagai alumni dari perguruan tinggi Islam,” tutur Ari.

Menurutnya, sekecil apapun gerakan ini, berapa batang pun yang telah disumbangkan akan memiliki dampak besar untuk bumi di masa mendatang.

Menurut Ari, Alumni UII harus mengambil peran dalam upaya penghijauan dengan menanam pohon sebanyak mungkin. Selain menghindari bencana alam, upaya ini juga menyehatkan masyarakat. Karena akan mengurangi polusi udara dan efek rumah kaca.

“Alangkah indahnya pemandangan alam indonesia seandainya hal ini dilakukan semua unsur masyarakat. Berbuatlah walau sekecil mungkin,” ujarnya.

BACA JUGA:   Di Titik Nol IKN, Kapolri Gelorakan Visi Indonesia Emas 2045

Tak hanya itu, menurutnya gerakan ini secara nyata menjadi kontribusi UII yang berdampak pada pemeringkatan The Impact Ranking dan Greenmetric khususnya kriteria Setting and Infrastructure.

Juga turut mengampanyekan gerakan sustainable Development Goals (SDGs) 2030.

Lokasi Penanaman

Terakhir, Rektor UII, Prof. Fathul Wahid mengatakan, hari ini ada ribuan pohon yang sudah ditanam alumni di seluruh Indonesia, belum termasuk yang dilakukan pribadi-pribadi alumni.

Di NTB ada penanaman 100 pohon, Bali 50 pohon, Kalbar 100 Pohon, Jateng 800 bibit pohon dan Sleman 650 pohon.

Kemudian penanaman juga dilakukan di Kalsel 250 pohon, di area Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat.  Kediri 100 pohon, NTT 50 pohon, Kaltim 100 pohon, DPP DIY 60 terakhir DPW DIY 150 pohon.

“Saya berharap UII Bumi Lestari menjadi gerakan kolektif yang dilandasi kesadaran bahwa alam harus kita rawat dan lestarikan. Sambutan sepenuh hati dari IKA UII menjadikan kecil ini terus membesar dan semakin berdampak. Terima kasih kepada IKA UII dan semua alumni yang sudah mendukung,” tutup Fathul.

Artikel Terkait