PELNI Berangkatkan Gelombang Terakhir Arus Balik Mudik Gratis Sepeda Motor

FTNews, Semarang— Perjalanan KM Dobonsolo milik PT PELNI (Persero) dari Semarang menuju Jakarta pada Senin (15/4/2024) menjadi gelombang terakhir untuk arus balik Program Mudik Gratis Sepeda Motor 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan.

Adapun keberangkatan gelombang kedua arus balik dengan KM Dobonsolo ini diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada Senin (15/4) sore.

“Total masing-masing dua kali pelayaran untuk arus mudik maupun arus balik dari dan menuju Semarang. Untuk keberangkatan arah Jakarta, kapal diberangkatkan paling lambat pukul 17.00 sore,” ujar Kepala Kesekretariatan Perusahaan PELNI, Evan Eryanto pada Senin (15/4/2024), dilansir infopublik.id

Untuk gelombang pertama arus balik kemarin, pada Sabtu (13/4), KM Dobondolo mengangkut sebanyak 1.705 peserta dan 663 unit motor dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Sementara untuk gelombang kedua hari ini, kapal penumpang PELNI tipe 3in1 tersebut berencana mengangkut 2.423 peserta dengan 1.008 unit sepeda motor berdasarkan pendaftar sementara.

“Sebagaimana dengan harapan Pemerintah, kami harap masyarakat dapat memanfaatkan angkutan gratis ini untuk balik ke Jakarta sehingga dapat kembali ke Jakarta dengan aman dan selamat dan kembali beraktivitas seperti biasa,” tambah Evan.

KM Dobonsolo merupakan kapal penumpang tipe 2000 buatan Jerman tahun 1992. Kapal yang awalnya dapat menampung 2.000 orang tersebut kini hanya dapat mengangkut 1.000 orang setelah mendapatkan modifikasi atau perombakan di awal tahun 2000 agar dapat mengangkut penumpang sekaligus kontainer dan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Untuk pelayanan Mudik Gratis Sepeda Motor 2024 ini, KM Dobonsolo dinahkodai oleh Capt. Hery Setyadi dibantu kurang lebih 100 anak buah kapal.***

Artikel Terkait

Menpora: Peparnas Ajang Lahirkan Atlet Penyandang Disabilitas Berbakat

FTNews, Surakarta--- Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024...

Presiden Jokowi akan Buka Peparnas XVII Solo, Kepolisian Bagi 3 Ring Pengamanan

FTNews, Surakarta--- Polresta Surakarta, Polda Jateng, menerapkan pengamanan ekstra...

Para Peserta Peparnas Puji Persiapan Tuan Rumah, Venue-Venue Sesuai Standar

FTNews, Solo--- Sejumlah atlet paralimpiade melakukan latihan di salah...

Beraksi di Konser Musik NDX AKA, 5 Anggota Sindikat Copet Lintas Provinsi Ditangkap

FTNews, Sragen--- Sindikat copet lintas provinsi yang beraksi saat...