Penjahat Pecah Kaca Lintas Provinsi Didor Polisi

FTNews, Pekanbaru— Dua penjahat pecah kaca BA (30) dan AK (20) berhasil dibekuk Tim Subdit Jatanras Polda Riau. Kedua pelaku sudah beberapa kali beraksi di wilayah hukum Polda Riau. Aslinya, kedua pelaku yang juga residivis ini adalah warga Ogan Komering Illir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel).

Di daerahnya mereka juga melakukan kejahatan yang sama dan menjadi buruan polisi Sumsel. “Mereka ini residivis kasus yang sama di Sumsel dan menjadi DPO Polres OKI. Jadi, mereka ini sengaja datang ke Pekanbaru menggunakan sepeda motor,” jelas Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Riau, Kombes Asep Darmawan, dilansir mediacenter.riau

Menurut Asep, kedua pelaku yang baru keluar penjara untuk kasus yang sama, telah beberapa kali beraksi di Pekanbaru. Mereka beraksi secara acak setelah memilih mobil yang terparkir di tempat sepi.

Menariknya, Tim Jatanras Polda Riau yang tengah memburu mereka di Jalan Garuda Sakti, justru berpapasan dengan keduanya. Saat akan ditangkap, keduanya melakukan perlawanan sehingga terpaksa harus ditembak karena membahayakan petugas.

“Perlawanan keduanya berpotensi melukai petugas sehingga diberikan tembakan terukur,” tegas Asep.

Menurut pengakuan pelaku saat diintrogasi, keduanya sudah empat kali melakukan kejahatan pecah kaca dan ada yang viral di media sosial.

“Tersangka BA ini berperan sebagai eksekutor. Sedangkan AK, berperan sebagai joki,” jelas  Asep  yang saat memberi keterangan didampingi Kabid Humas Kombes Anom Karbianto dan Kasubdit Jatanras Kompol Lamhot.

Sebelum melakukan pecah kaca, keduanya terlebih dahulu berkeliling kota Pekanbaru mencari sasaran mobil yang ditinggal diparkiran oleh pemiliknya. Caranya, para pelaku menggunakan pecahan keramik yang ada di busi kendaraan lalu dihantam ke kaca mobil korbannya.

Sampai saat ini, kata Asep, pihaknya baru menerima dua laporan masyarakat, terkait kejahatan pecah kaca. Dua laporan masyarakat tersebut adalah laporan Polisi Nomor : LP/B/352/IV/2024/SPKT/POLRESTA PEKANBARU/POLDA RIAU Kamis Tanggal 25 April 2024.

BACA JUGA:   Bey Machmudin Sebut Perbaikan Tol Bocimi Selesai dalam Tiga Hari

Kedua, Laporan Polisi Nomor : LP/B/91/V/2024/SPKT/POLSEK SUKAJADI/POLRESTA PEKANBARU/POLDA RIAU Selasa Tanggal 28 Mei 2024.

“Saat diinterogasi keduanya mengaku sudah beraksi empat kali di Pekanbaru, dimulai sejak bulan Mei lalu,” jelas Asep.

Kedua tersangka juga mengaku apabila mendapatkan hasil yang banyak di Pekanbaru, mereka akan kembali ke Pekanbaru dalam waktu lama.

Menurut pengakuan keduanya, empat lokasi tempat beraksi pertama di rumah makan Salero family Jalan Riau, total kerugian Rp3,1 juta. Aksi kedua, di Jalan Sepakat, pada Jumat (3l5) berhasil mengambil satu tas sandang milik Hotma Boru Marpaung, berisikan surat-surat identitas, ATM, SIM, KTP serta uang tunai Rp88 ribu.

Ketiga, aksinya dilakukan di Jalan Nenas, Kecamatan Sukajadi, pada Selasa (21/5) dengan kerugian Rp35 juta. Terakhir, beraksi di Jalan Lobak, pada Rabu (17/7) dan tidak mendapat hasil apa pun.

“Aksi terakhir ini,pelaku memang berhasil memecahkan kaca korban, namun tidak mendapatkan hasil,” ucap Asep.

Sementara itu, setiap kali berhasil mendapatkan target di Pekanbaru. Hasilnya digunakan keduanya untuk berfoya-foya dan membeli narkoba.

Asep menghimbau bagi masyarakat yang memiliki kendaraan agar tidak meletakkan barang-barang berharga, saat meninggalkan kendaraan di parkiran.***

 

 

Artikel Terkait

Gandeng Swasta, Simulasi Tahap Pertama Makan Bergizi Gratis tak Ditanggung APBD

FTNews, Pekanbaru--- Semakin mendekati pergantian pemerintahan baru, semakin banyak...

Dikejar Polisi, Pengedar Narkoba Nekat Telan Sabu Terbungkus Plastik

FTNews, Inhu --- Seorang pelaku pengedar narkotika melakukan aksi...

Kapal Porti Express 22 Terbakar di Perairan Meranti, Satu ABK Alami Luka Bakar

FTNews, Pekanbaru--- Kapal Porti Express 22 terbakar di Perairan...

PON XXI Aceh: Mesin Meledak Saat akan Landing, Atlet Paramotor Riau Jatuh di Lapangan

FTNews, Pekanbaru--- Musibah dialami atlet paramotor Riau saat berlaga...

Tiga Kolam Minyak Mentah PT BSP Terbakar

FTNews, Pekanbaru--- Tiga kolam Vite minyak mentah milik Bumi...