Pesawat Susi Air Lost Kontak di Bandara Paro Nduga, Polisi Lakukan Penyelidikan

Forumterkininews.id, Jayapura – Polisi tengah mendalami kasus kecelakaan lost kontak pesawat Pilatus Porter Susi Air dengan Nomor Penerbangan SI 9368 setalah landing dari Bandara Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo membenarkan adanya insiden pesawat mengalami lost kontak tersebut.

Ia mengatakan berdasarkan laporan yang diberikan Distrik Manajer Susi Air wilayah Timika, Jeremy Jordan Rumi, pesawat yang dipiloti Philips Max Marthin yang merupakan warga negara asing dari Selandia Baru itu membawa 5 penumpang dan take off dari Bandara Mozes Kilangin, Kabupaten Mimika, untuk menuju Bandara Paro Distrik Paro, Kabupaten Nduga.

“Pukul 06.17 WIT, pesawat Susi Air landing di Bandara Paro Kab. Nduga, namun hingga sampai sampai saat ini pukul 09.15 WIT, pesawat belum juga kembali dari Distrik Paro Kab. Nduga ke Timika,” kata Ignatius Benny saat memberikan keterangan persnya, Selasa (7/2).

Ia menambahkan saat ini aparat gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Ops Damai Cartenz, melakukan investigasi. Baik terkait kondisi Pilot beserta seluruh penumpang pesawat maupun kondisi pesawat itu sendiri.

Sebab, pesawat tersebut apakah benar-benar mengalami kecelakaan atau sengaja dibakar kelompok tertentu.

“Tim juga akan mendalami murni atau tidaknya kecelakan yang menyebabkan terbakarnya pesawat Susi Air tersebut. Atau diduga dibakar oleh pihak-pihak tertentu,” tuturnya.

“Dan tidak menutup kemungkinan pesawat ditahan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Nduga Pimpinan Egianus Kogoya. Sebab wilayah tersebut masuk dalam markas mereka,” tambah Kabid Humas.

Artikel Terkait