Polda Metro Jaya Usul CFW dipindah ke Car Free Day

Forumterkininews.id, Jakarta – DKI Jakarta masih dihebohkan dengan trend Citayam Fashion Week (CFW) yang terletak di Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Namun banyak masyarakat yang mengeluhkan CFW ini karena dinilai mengganggu arus lalu lintas.

Terkait hal ini, Polda Metro Jaya memberikan usul kepada Pemerintah DKI Jakarta untuk memberlakukan kegiatan CFW pada saat Car Free Day.

“Saya tambahkan mengenai Citayam Fashion Week, memang dari Direktorat lalu lintas Polda Metro Jaya juga menyampaikan usul saran kepada pemerintah daerah, kiranya kegiatan ini diberlakukan pada saat car free day sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas yang lain,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Endra Zulpan, di Polda Metro Jaya, Selasa (26/7).

Lebih lanjut ia mengatakan pihaknya masih akan melakukan koordinasi dengan Pemda DKI Jakarta agar terjadi kesepakatan untuk penerapan aturan pada kegiatan Citayam Fashion Week.

“Karena kita lihat dengan semakin banyaknya orang berkunjung ke sana tentu menjadi hal bagus, tetapi juga dampak kemacetan yang ditimbulkan juga harus menjadi perhatian bagi kita semua,” kata Zulpan.

Sehingga pihaknya sedang mencari solusi agar kegiatan tersebut tetap berkembang. Namun juga kepentingan masyarakat yang lain khususnya dengan lalu lintas tidak terganggu.

Sebelumnya, kegiatan para remaja ini mendapatkan sorotan dari sejumlah pihak, salah satunya lembaga swadaya masyarakat.

Alasannya kegiatan unjuk busana yang menggunakan penyeberangan jalan itu tidak sesuai peruntukan dan mengganggu pejalan kaki dan arus lalu lintas. Hal ini dinilai melanggar Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 131 dan 132.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mencari alternatif untuk remaja melakukan peragaan busana untuk Citayam Fashion Week (CFW) selain di Dukuh Atas agar tidak mengganggu pejalan kaki di penyeberangan jalan.

BACA JUGA:   BNPT: Masyarakat Harus Militan jadi Buzzer Kontra Radikalisasi

“‘Zebra cross‘ itu digunakan untuk menyeberang, tidak boleh untuk kegiatan lain. Tentu kami akan coba tempat yang terbaik untuk anak-anak kalau ingin terus melaksanakan ‘fashion week‘ tersebut,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, di Jakarta,Sabtu (23/7).

Artikel Terkait