Polda Metro Surati Pimpinan KPK, Izin Sita Dokumen Dugaan Pemerasan ke SYL

Forumterkininews.id, Jakarta – Penyidik Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya terus mencari titik terang soal kasus dugaan pemerasan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI terhadap eks Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, pihaknya telah melayangkan surat kepada pimpinan KPK RI untuk menyerahkan sejumlah dokumen ke Polda Metro Jaya.

“Adanya permohonan penyerahan beberapa dokumen ataupun surat yang diminta oleh penyidik kepada pimpinan KPK RI,” kata Ade Safri kepada wartawan, Minggu (22/10).

Lebih lanjut, ia menyebut permintaan sejumlah dokumen terhadap pimpinan KPK RI ini, telah memiliki izin dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Yakni terkait penyitaan khusus untuk diserahkan pada Senin 23 Oktober 2023.

“Jadi mendasari pada penetapan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terkait dengan permohonan izin khusus penyitaan terhadap dokumen maupun surat mendasari itu. Kami telah membuat surat kepada pimpinan KPK RI,” ungkap Ade Safri.

Sementara itu, Ade Safri belum menjelaskan secara detail terkait isi dokumen tersebut. Namun ia memastikan dokumen tersebut berkaitan dengan proses penyidikan yang tengah berlangsung saat ini.

“Sementara itu, surat yang dimaksud karena ini bagian dari materi penyidikan, sementara ini belum bisa kita ungkap. Tahap penyidikan ini untuk mencari dan mengumpulkan bukti. Untuk membuat terang tindak pidana yang terjadi dan menemukan tersangkanya,” tutup Ade Safri.

Artikel Terkait