Polda Sumut Catat Angka Kejahatan di Sumut Turun Jelang PON XXI, Ini Datanya

FTNews.co.id, SUMUT – Angka kejahatan di Sumatera Utara (Sumut) ternyata mengalami penurunan jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI.

Polda Sumatera Utara mencatat penurunan terjadi secara signifikan dalam jumlah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, menyatakan bahwa penurunan ini merupakan hasil dari peningkatan kehadiran polisi di berbagai lokasi strategis.

“Polisi ada di mana-mana,” ungkap Kombes Pol Hadi Wahyudi, di Medan, Kamis (29/8/2024).

Mantan Kapolres Biak Polda Papua imi menegaskan bahwa kehadiran aparat kepolisian di lapangan bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat serta memastikan kelancaran pelaksanaan PON XXI di Aceh-Sumut.

Dia menyampaikan, Polda Sumut telah mengerahkan personel secara maksimal, dengan fokus pada pencegahan dan penindakan gangguan Kamtibmas, guna menciptakan situasi yang kondusif menjelang dan selama acara berlangsung.

“Langkah proaktif ini sebagai bagian dari upaya Polda Sumut untuk memastikan bahwa PON XXI berjalan dengan lancar dan aman, serta menjadi ajang yang sukses bagi seluruh pihak yang terlibat,” ujar Mantan Wadir Lantas Polda Kalteng ini.

Berdasarkan data dari Polda Sumut, angka kejahatan gangguan Kamtibmas pada bulan Agustus 2024 ini mengalami penurunan 14,60 persen.

Pada bulan Juli angka kejahatan tercatat berjumlah 5.285 kasus, sedangkan pada bulan Agustus berjumlah 4.509 kasus, mengalami penurunan 800 kejadian atau 14,60 persen.

Angka kejahatan konvensional pada bulan Agustus ini juga turun sebanyak 15,93 persen. Pada bulan Juli angka kejahatan konvensional tercatat 4.532 kasus, dan pada bulan Agustus turun menjadi 3.810 kasus, atau turun 722 kasus atau 15,93 persen.

Angka kejahatan transnasional pada bulan Juli berjumlah 643 kasus mengalami penurunan pada bulan Agustus menjadi 573 kasus, turun 70 kasus atau 10,89 persen.

BACA JUGA:   3 Poin Penting Kapolda Sumut Saat Pimpin Apel Pengamanan Pilkada 2024

Sukseskan PON XXI 

Kapolda Sumut Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto mengajak masyarakat untuk mensukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI, 2024.
Hal ini disampaikan Kapolda, saat memberikan kata sambutan dalam acara Fun Walk Road to PON XXI di Lapangan Benteng Medan.

Kapolda Sumut Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto saat mengikuti Fun Walk di Lapangan Benteng Medan. Ist
Kapolda Sumut Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto saat mengikuti Fun Walk di Lapangan Benteng Medan. Ist

Irjen Whisnu menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap penyelenggaraan PON XXI, serta mengajak masyarakat untuk terus memberikan dukungan.

“Dan merayakan setiap kegiatan olahraga di daerah ini,” ungkapnya.
Kapolda juga menekankan pentingnya kegiatan olahraga untuk menjaga kesehatan dan mempererat tali silaturahmi antar warga.

 

Artikel Terkait