Polisi Sergap Pelaku Pungli Meresahkan di Tol Medan-Belawan

FTNews.co.id, MEDAN – Tim Patroli Presisi Sat Samapta Polres Pelabuhan Belawan menangkap seorang pelaku pungli di Jalan Tol Belawan.

Pelaku pungli yang meresahkan masyarakat ini bernama Dahlan Gurning (40) warga Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan.

Kasat Samapta Polres Pelabuhan Belawan AKP Rudi Handoko menjelaskan bahwa penangkapan terhadap pelaku bermula saat Tim Patroli Presisi Sat Samapta melaksanakan patroli rutin di seputaran jalur menuju Gerbang Tol Belawan.

Patroli tersebut, kata Rudi bertujuan untuk mencegah aksi pungli, premanisme, dan kejahatan jalanan lainnya yang kerap terjadi di sekitar lokasi tersebut.

“Pada saat patroli, tim kami melihat pelaku sedang meminta uang kepada setiap sopir truk yang melintas. Melihat kejadian itu, kami langsung melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap pelaku di tempat,” ujarnya.

Dari tangan tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa uang hasil pungli sebesar Rp 46 ribu dalam bentuk pecahan uang Rp. 2 ribu.

Rudi mengatakan setelah pihaknya melakukan interogasi singkat di tempat kejadian, tersangka Dahlan Gurning mengakui perbuatannya yang meresahkan para pengendara, terutama sopir truk yang melintas di jalur tersebut.

“Sasaran tersangka ini sopir truk,” katanya

Usai menangkap pelaku, polisi lalu menyerahnya ke Sat Reskrim Polres Pelabuhan Belawan untuk menjalani proses hukum lebih lanjut.

AKP Rudi Handoko menegaskan bahwa pihaknya akan bertindakan tegas terhadap segala bentuk premanisme dan pungutan liar yang mengganggu ketertiban dan keamanan di wilayah Polres Pelabuhan Belawan.

“Kami akan terus melakukan patroli rutin dan berkelanjutan untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat, serta menindak tegas setiap pelaku tindak kejahatan,” tukasnya.

Angka Kejahatan Menurun

Polda Sumut mencatat penurunan terjadi secara signifikan dalam jumlah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

BACA JUGA:   137 Posko PLN UID Sumut dan 14 SPKLU Melayani Masyarakat di Masa Libur Lebaran

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, menyatakan bahwa penurunan ini merupakan hasil dari peningkatan kehadiran polisi di berbagai lokasi strategis.

“Polisi ada di mana-mana,” ungkap Kombes Pol Hadi Wahyudi, di Medan, Kamis (29/8/2024).

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi. (Foto: Istimewa)

Mantan Kapolres Biak Polda Papua imi menegaskan bahwa kehadiran aparat kepolisian di lapangan bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat serta memastikan kelancaran pelaksanaan PON XXI di Aceh-Sumut.

Dia menyampaikan, Polda Sumut telah mengerahkan personel secara maksimal, dengan fokus pada pencegahan dan penindakan gangguan Kamtibmas, guna menciptakan situasi yang kondusif menjelang dan selama acara berlangsung.

“Langkah proaktif ini sebagai bagian dari upaya Polda Sumut untuk memastikan bahwa PON XXI berjalan dengan lancar dan aman, serta menjadi ajang yang sukses bagi seluruh pihak yang terlibat,” ujar Mantan Wadir Lantas Polda Kalteng ini.

Artikel Terkait