Polri Bakal Tinjau Empat Wilayah Jelang Mudik Lebaran 2024

FTNews – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo akan melakukan mengecek sejumlah wilayah di Indonesia dalam rangka persiapan arus mudik Idulfitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024.

Jenderal Polisi Bintang Empat ini mengatakan akan mengecek empat wilayah di Pulau Jawa dan Bali.

“Jadi dalam beberapa waktu ke depan ini kita akan mengecek langsung khususnya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan mungkin juga wilayah Bali,” kata Listyo, kepada wartawan, pada Selasa (2/4).

Lebih lanjut Listyo menyebutkan pengecekan dilakukan dalam rangka memastikan kesiapan jalur, dan fasilitas penunjang lainya guna meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Kita bergabung dengan beberapa stakeholder untuk memastikan bahwa jalur, kemudian fasilitas penunjang, kemudian potensi-potensi terjadinya rawan laka, semua bisa kita minimalisir,” jelas Listyo.

Sementara itu Listyo mengatakan pihaknya juga telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas untuk membantu melancarkan jalannya kendaraan saat mudik Lebaran 2024.

“Walaupun kita tahu pasti akan ada potensi kemacetan namun mudah-mudahan dengan kehadiran, dengan rekayasa yang kita siapkan itu bisa membantu untuk mempercepat, menormalkan kembali ataupun mengurai potensi-potensi yang macet,” ucap Listyo.

Selain itu Listyo menuturkan juga telah memetakan titik-titik rawan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Titik-titik yang menjadi potensi permasalahan  baik itu kemacetan, itu kejahatan, semuanya sudah kita petakan. Dan bentar lagi kita akan laksanakan apel gelar pasukan untuk memulai proses pelaksanaan operasi ketupat, dalam rangka melayani kegiatan persiapan arus mudik dan balik,” ujar Listyo.

Artikel Terkait