Prasetio Edi: Ada 42 Nama Calon Pengganti Anies, Mekanisme Pemilihan Masih Dibahas

Forumterkininews.id, Jakarta – Anggota DPRD DKI Jakarta masih melakukan penyaringan nama-nama calon pengganti Anies Baswedan yang masa jabatannya akan berakhir 16 Oktober mendatang.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakn nantinya akan ada 42 kandidat pengganti Anies Baswedan. Angka ini didapat dari sembilan fraksi yang mengirim tiga nama. Ditambah lima pimpina dewan.

“Sembilan fraksi DPRD DKI dan lima pimpinan dewan nantinya menyetorkan masing-masing tiga orang nama sehingga total menjadi 42 nama,” ujarnya.

Lebih lanjut Pras mengatakan, nantinya, tiga nama itu ditempatkan di dalam amplop dan diserahkan kepada Ketua DPRD DKI.

Amplop yang berisi tiga nama diajukan masing-masing fraksi dan lima pimpinan dewan. Amplop itu akan dibuka dalam Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab), Selasa (13/9).

Rapimgab itu membahas penentuan akhir tiga nama bakal calon penjabat gubernur yang diusulkan DPRD DKI. DPRD DKI, kata dia, membahas tiga nama usulan penjabat gubernur DKI melalui proses yang panjang sebagai bentuk transparansi.

DPRD DKI memiliki waktu hingga 16 September 2022 untuk menyetorkan tiga nama kepada Presiden RI Joko Widodo melalui Kementerian Dalam Negeri. Kementerian Dalam Negeri juga mengusulkan tiga nama lain yang diusulkan kepada Kepala Negara.

Sementara itu, DPRD DKI menjadwalkan Rapat Paripurna Pengumuman Pemberhentian Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria, Selasa (13/9).

Artikel Terkait

Layanan Khusus Tri Bagi Pecinta E-Sport di PON XXI Aceh-Sumut

FT News - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH),...

Gianyar Bali 2 Kali Diguncang Gempa Pagi Tadi

FT News - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)...

Polda Sumut Sukses Amankan Closing Ceremony PON XXI 2024

FT News - Polda Sumut sukses amankan Closing Ceremony...