Profil Semifinalis Euro 2024 Spanyol: Bisa Apa Generasi Baru La Furia Roja?

Spanyol melaju ke babak semifinal Euro 2024 usai menyingkirkan tuan rumah Jerman. Laga Spanyol vs Jerman yang berlangsung di MHPArena, Stuttgart, Sabtu (6/7/2024) dimenangkan La Furia Roja dengan skor 2-1.

Dua gol kemenangan Spanyol dicetak oleh Dani Olmo dan Mikel Merino. Sementara gol dari Jerman diukir oleh Florian Wirtz pada menit ke-89.

Pertandingan Spanyol vs Jerman menghadirkan kontroversi yang membuat publik tuan rumah meradang. Pasalnya, handball Marc Cucurella di ekstra time tidak dinyatakan pelanggaran oleh wasit.

Handball Cucurella berawal dari sepakan Jamal Musiala. Posisi Cucurella berada di area terlarang. Namun wasit menganggap hal itu bukan sebagai pelanggaaran dan Jerman tak mendapat hadiah penalti.

Profil Semifinalis Euro 2024 Spanyol: Bisa Apa Generasi Baru La Furia Roja? [X/@EURO2024]
Sontak saja keputusan wasit Anthony Taylor dari Inggris yang abaikan handball Cucurella itu mendapat protes dari skuat Jerman.

Taylor kemudian mencoba berkomunikasi dengan wasit VAR Stuart Attwell. Sayangnya dari hasil pengecekan, Jerman tetap tak mendapat hadiah penalti.

Menurut wasit UEFA Roberto Rossetti dilansir dari ESPN, keputusan Taylor sudah tepat karena tangan Cucurella tidak vertikal atau berusaha menghentikan bola sepakan Musiala.

Spanyol pun membuat Jerman harus terhenti di babak perempat final Euro 2024.

Prediksi Melawan Prancis

Spanyol di babak semifinal akan melawan tim favorit juara lainnya, Prancis. Pertemuan kedua tim ibarat final kepagian di Euro 2024.

Spanyol lolos sampai ke babak empat besar Euro 2024 dengan catatkan hasil cukup impresif di babak fase grup. La Furia Roja mampu menyapu bersih 3 pertandingan dengan kemenangan.

Di match pertama, Spanyol meraih kemenangan meyakinkan tiga gol tanpa balas melawan Kroasia. Tiga gol itu dicetak oleh Alvaro Morata, Fabian Ruiz dan Dani Carvajal.

BACA JUGA:   Tersangka Kasus Film Porno, Siskaeee Resmi Ditahan!

Pada pertandingan kedua, Spanyol bungkam juara bertahan Euro Italia. Anak asuh Luis de la Fuente itu menang 1-0 lewat gol bunuh diri Riccardo Calafiori.

La Furia Roja memantabkan capaian apik di pertandingan terakhir grup B. Albania mereka kalahkan dengan skor 1-0 lewat gol Ferran Torres.

Pemain timnas Spanyol, Nico Williams. (Foto: EURO)

 

Melaju ke babak 16 besar, La Furia Roja menghentikan laju tim kuda hitam Georgia dengan skor meyakinkan 4-0. Kemenangan 4 gol itu dicetak oleh Rodri, Fabian Ruiz, Nico Williams, dan Dani Olmo.

Menilik dari capaian Spanyol di babak fase grup hingga perempat final, Prancis sebagai tim lawan wajib mewaspadai ancaman dari generasi baru La Furia Roja ini.

La Furia Roja datang ke Jerman 2024 dengan komposisi pemain yang terbilang mayoritas berusia muda. Pemain seperti Olmo, Lamine Yamal, Nico Williams dan Ferran Torres diharapkan bisa melaju hingga ke partai final bahkan meraih gelar juara.

Lawan mereka, Prancis bukan tim yang mudah dikalahkan. Meski tim Ayam Jantan bisa dibilang cukup terseok-seok di babak fase grup.

Jika Luis de la Fuente mampu membuat anak asuhnnya tunjukkan permainan saat mengalahkan Jerman, bukan tak mungkin untuk La Furia Roja melaju ke partai final.

Rekor Pertemuan Spanyol vs Prancis

Prancis menang: 13 kali
Spanyol menang: 16 kali
Pertandingan imbang: 7 kali

5 Pertandingan Terakhir Spanyol vs Prancis:

16 Oktober 2012: Spanyol 1-1 Prancis (Kualifikasi Piala Dunia)
26 Maret 2013: Prancis 0-1 Spanyol (Kualifikasi Piala Dunia)
04 September 2014: Prancis 1-0 Spanyol (Laga Uji Coba)
28 Maret 2017: Prancis 0-2 Spanyol (Laga Uji Coba)
10 Oktober 2021: Spanyol 1-2 Prancis (UEFA Nations League)

Artikel Terkait