Puan: Kebijakan Umum jadi Acuan Anggaran Kementerian

Forumterkininews.id, Jakarta- Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan agar kebijakan umum dan prioritas anggaran harus dijadikan acuan kementerian atau lembaga dalam penyusunan anggaran.

“Terkait KEM dan PPKF RAPBN Tahun Anggaran 2024, kebijakan umum dan prioritas anggaran harus dijadikan acuan bagi setiap kementerian atau lembaga dalam penyusunan anggaran serta perincian unit organisasi, fungsi dan program,” kata Puan dalam Rapat Paripurna DPR RI, Jumat (20/5).

Sesuai Pasal 167 ayat (1) Peraturan DPR RI Nomor 1 Tahun 2020, lanjutnya, fraksi-fraksi DPR akan memberikan pandangan atas materi yang disampaikan Pemerintah mengenai KEM dan PPKF RAPBN.

“Oleh karena itu kami mohon seluruh Fraksi agar dapat menyiapkan pandangan fraksinya masing-masing dalam paripurna 23 Mei mendatang,” tandasnya.

Seperti diketahui, Pemerintah menargetkan defisit anggaran pendapatan dan belanja negara di 2024 sebesar 2,16 – 2,64 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) terkait KEM dan PPKF RAPBN 2024.

Target itu kian mengecil dari defisit APBN 2023 yang disasar sebesar 2,84 persen. Target yang ditetapkan Pemerintah itu juga karena pertimbangan perkembangan global yang terjadi saat ini.

Di antaranya konflik geopolitik yang meningkat, inflasi dunia yang sangat tinggi sehingga menyebabkan kenaikan suku bunga global dan kembali dibukanya lockdown China.

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

DPR Sahkan UU Kementerian, Jumlah Sesuai Kebutuhan

FT News – DPR RI secara resmi telah mengesahkan...

KPPU Duga Lion Air Group Lakukan Monopoli Harga Tiket Pesawat

FT News – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menduga...