Qatar Airways Buat Pramugari AI Pertama di Dunia

FTNews – Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sedang menjadi fenomena saat ini. Pasalnya, kecerdasan ini dapat membantu manusia dalam mempekerjakan pekerjaannya. Teknologi ini pun salah satu maskapai penerbangan terbesar di dunia Qatar Airways manfaatkan.

Saat menghadiri acara ITB Berlin, Qatar Airways mengungkapkan bahwa mereka sukses membuat kru kabin virtual holografik yang bernama Sama 2.0. Dengan Sama 2.0, Qatar Airways menjadi maskapai pertama di dunia yang menggunakan AI sebagai pramugari.

Sama 2.0, pramugari virtual holografik milik Qatar Airways. Foto: Qatar Airways

Sama 2.0 dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan secara langsung terkait tanya jawab mengenai Qatar Airways, tujuan, tips, dan masih banyak lagi. Lalu, penggunaan AI ini dapat melalui QVerse, platform digital atau aplikasi milik Qatar Airways.

Dalam pembuatannya, Qatar Airways bekerja sama dengan UneeQ, salah satu perusahaan pengembang teknologi AI. Melalui kolaborasi ini, mereka siap memberikan pengalaman-pengalaman baru di dalam dunia aviasi serta menaikan standar dari industri tersebut.

Awak kabin virtual ini juga siap untuk menjadi tolak ukur interaksi layanan yang dapat dipersonalisasikan dan fungsional dalam penerbangan.

“Sama 2.0 mewakili upaya kami yang tiada henti dalam berinovasi, dan mewujudkan nilai-nilai layanan dan keramahtamahan Qatar Airways yang luar biasa,” ujar Wakil Presiden Marketing Qatar Airways, Babar Rahman.

“Hal ini merupakan titik penting dalam memelopori kesuksesan sinergi antara teknologi dan hubungan antarmanusia. Tidak hanya bagi Qatar Airways, namun juga bagi industri secara keseluruhan,” lanjutnya.

Kolaborasi Ahli Inovasi

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa Qatar Airways berkomitmen untuk memimpin dan berkolaborasi dengan ahli inovasi. Sehingga, mereka dapat membuat produk dan pelayanan unggulan untuk para penggunanya.

Selain itu, CEO UneeQ Danny Tomsett mengatakan bahwa teknologinya adalah langkah awal dari penggunaan AI dalam dunia aviasi.

BACA JUGA:   Xiaomi Luncurkan Redmi Writing Pad, Tablet Ramah Anak

“Sama mewujudkan komitmen UneeQ untuk memadukan teknologi dengan empati dan personalisasi, memberikan solusi inovatif yang selaras dengan reputasi Qatar Airways untuk layanan kelas dunia,” jelasnya.

Artikel Terkait

Patch Update Wasteland Storm di Garena Undawn Bakal Hadir 19 September

Garena Undawn akan merilis pembaruan patch update Wasteland Storm...

Cek Nomor HP, Ada Aplikasi Selain GetContact

FT News – Akun Fufufafa semakin ramai diperbincangkan oleh...

Bukan Google, Gen Z Mulai Gunakan Aplikasi Lain Mencari Informasi di Internet

FT News – Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa Gen...