Renovasi Peningkatan Fasilitas Pasar, Pemerintah Lombok Siapkan Dana Rp100 Miliar

Forumterkininews.id, Lombok Tengah – Pemerintah Pusat siapkan dana Rp100 miliar untuk renovasi peningkatan fasilitas di pasar tradisional yang terletak di Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Renovasi akan dilakukan pada 2023 mendatang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Tengah, Suhartono di kantor Bupati setempat di Praya, dikutip dari Antara, Senin (22/8) mengatakan Pembangunan pasar Sengkol sudah ada titik terang yaitu akan dilaksanakan pada 2023 mendatang,

Lebih lanjut ia mengatakan total anggaran yang akan dialokasikan untuk merenovasi pasar tersebut menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp100 miliar.

Renovasi ini dilakukan untuk meningkatkan fasilitas pasar tradisional Sengkol yang diharapkan dapat menunjang pengembangan pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

“Semua pasar sudah kita usulkan untuk bisa direnovasi. Namun, baru pasar Sengkol yang ada sinyal dari pemerintah pusat,” kata Suhartono.

Dari puluhan pasar tradisional di Lombok Tengah, hanya dua pasar yang telah dibangun menjadi pasar modern yakni Pasar Jelojok, Kopang dan Pasar Renteng. Sedangkan beberapa pasar lainnya masih tetap menjadi pasar tradisional.

“Kendala pasar lainnya adalah karena keterbatasan lahan, sehingga tidak bisa diperbaiki menggunakan dana pusat,” katanya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah terus melakukan upaya untuk meningkatkan sarana dan prasarana di semua pasar tradisional di Lombok Tengah, namun kondisi anggaran tidak memungkinkan untuk bisa diperbaiki, sehingga perlu dilakukan secara bertahap.

Artikel Terkait