Resmikan Pembangunan SJUT, Ini Tujuan Pemko Medan di Bawah Wali Kota Bobby Nasution

FTNews - Wali Kota Medan Bobby Nasution meletakan batu pertama pembangunan sarana jaringan utilitas terpadu (SJUT) telekomunikasi, Selasa (13/2). Anggaran pembangunan SJUT tidak menggunakan APBD, tetapi dikerjasamakan pihak ketiga.

Bobby mengemukakan, pembangunan SJUT tersebut sebagai langkah mewujudkan Smart City yang sejatinya tidak bisa terlepas dari kemajuan teknologi dan digitalisasi yang harus dikerjakan secara komprehensif.

“Untuk memastikan kemajuan digitalisasi di kota Medan kita harus komprehensif bukan hanya kemajuan teknologi saja tetapi juga infrastrukturnya. Jangan kemajuan teknologi digital yang semakin baik tetapi bertentangan dengan beberapa aspek termasuk tatanan kota,” katanya.

“Artinya semakin kuat jaringan internet jangan semakin banyak kabel yang bertebaran,” sambungnya.

Bobby Nasution mengemukakan, agar dapat memastikan perkembangan teknologi khususnya telekomunikasi di Kota Medan berjalan dengan baik, Pemko Medan memberikan fasilitas membangun SJUT bekerja sama dengan pihak swasta.

“Dari 3.000 ruas jalan yang ada di kota Medan, baru beberapa ruas jalan yang akan masuk dalam proyek SJUT. Oleh karenanya saya meminta agar program ini dapat diprioritaskan atau wajib setiap tahun progresnya harus ada,” ujarnya.

Menantu Presiden Jokowi ini mengungkapkan dengan keberadaan SJUT kabel provider jaringan kabelnya akan ditanam di dalam tanah. Dengan begitu, cita-cita program Medan Rapi Tanpa Kabel (Merata)

“Melalui SJUT ini kita juga harus dapat memastikan para provider jaringan internet kabelnya mau turun ke dalam tanah dan tidak ada lagi yang diatas,” katanya.

“Ini yang harus betul-betul kita pastikan, jangan nanti ganti Kadis-nya karena iming-iming yang kita ketahui biaya kabel di bawah lebih mahal dibandingkan kabel di atas program ini terhenti,” katanya.

Selanjutnya, ia menjelaskan proyek tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2022 dan dilanjutkan di tahun 2023 dengan menggunakan APBD. Namun di tahun 2024 dilakukan berbeda dengan tidak menggunakan APBD, sehingga tak perlu mengeluarkan anggaran.

BACA JUGA:   Bobby Nasution Ajak Masyarakat Maknai Idulfitri dengan Saling Memaafkan

“Saya apresiasi karena proyek ini bukan menghabiskan anggaran tetapi malah menambah PAD”, katanya.

Bahkan, ia menjelaskan pembangunan SJUT juga untuk mendukung Medan Smart City sehingga dipersiapkan sarana dan prasarana dengan memastikan seluruh kabel telekomunikasi berada dibawah tanah.

“Jangan kita mau sinyalnya bagus tapi kabelnya semrawut. Oleh karenanya melalui program ini internet kita bagus tapi kota tetap terjaga tatanan dan rapi sehingga kabel yang ada di udara kita pindahkan ke bawah”, ujarnya.

Artikel Terkait