Rokan Hilir Babak-belur Dihajar Karhutla, Ratusan Orang Berjuang Padamkan Api

FTNews, Rokan Hilir— Kebakaran hutan dan lahan terus terjadi di Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Kalau sebelumnya sempat terbakar lahan seluas 37 hektare di 71 titik pada enam kecamatan di Kabupaten Rokan Hilir, Sabtu (27/7/2024), kebakaran kembali terjadi di 26 hektar. Kebakaran itu menyebabkan munculnya 45 titik api yang terdeteksi BMKG Pekanbaru.

Kebakaran lahan terjadi di 3 desa dengan 3 kecamatan yang berbeda. Ratusan personel gabungan disebar di titik lahan yang terbakar.

“Kami TNI Polri menemukan lahan terbakar seluas 20 hektare di Jalan Swadaya Kepenghuluan (Desa) Pasir Limau Kapas Kecamatan Pasir Limau Kapas. Kemudian 2 hektare di Kecamatan Bangko, dan Tanah Putih 4 hektare, jadi total 26 hektare,” ujar Kapolres Rokan Hilir AKBP Isa Imam Syahroni kepada Media center Riau.

Setelah menemukan titik api kebakaran lahan, Isa memimpin langsung menuju lokasi. TNI Polri, BPBD, Manggala Agni dan tim lainnya bersama-sama melakukan upaya pemadaman sampai api tidak ada lagi.

 

Kebakaran hutan dan lahan di Rokan Hilir, Sabtu (27/7/2024)/Foto: mediacenter.riau

“Lahan yang terbakar berupa tanaman sawit yang semak seluas 20 hektare, saat ini api sudah padam dan hanya meninggalkan kebulan asap tebal,” kata Isa.

Isa mengatakan, saat ini tim gabungan TNI Polri bersama dengan masyarakat sedang melakukan pendinginan titik api. Api sudah padam namun masih menimbulkan asap kecil. “Kami tetap berjaga di lokasi hingga malam, karena apabila ada angin kencang tidak menutup kemungkinan api hidup kembali,” jelas Isa, dilansir mediacenter.riau

Isa menjelaskan dalam upaya pemadaman pihaknya mengalami sejumlah kendala. Seperti lokasi lahan terbakar yang jauh, angin yang berhembus sangat kencang serta sumber air susah dan sangat jauh.

“Kami juga mengimbau masyarakat agar tidak membuka atau membersihakn lahan dengan cara membakar. Karena kita akan selidiki dan tangkap pelakunya,” tegas Isa.***

BACA JUGA:   Kebakaran di Tanjung Priok, 3 Orang Meninggal Dunia

 

Artikel Terkait

Bareskrim Rampas Aset Milik Terpidana Narkoba Hendra Sabarudin Rp221 Miliar

FTNews --- Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri berhasil...

Polisi Gagalkan Penyelundupan Sabu 76 Kilogram dan Ekstasi 41.000 Butir

FTNews, Pekanbaru - Ditres Narkoba Polda Riau mengungkap peredaran narkoba...

Indosat Sukses Hadirkan Pengalaman Digital Selama PON XXI Aceh-Sumut

FT News – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH)...

7 Provinsi di Indonesia Alami Kekeringan Ekstrem, Berikut Daftarnya

FT News - Sebanyak tujuh provinsi di Indonesia mengalami...