Sebanyak 48 RT di Jakarta Kebanjiran, Pj Gubernur DKI: Semoga Cepat Surut

Forumterkininews.id, Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berharap banjir di sejumlah daerah yang mencapai ketinggian satu meter cepat surut. Berdasarkan laporan BPBD DKI Jakarta, banjir mencapai satu meter terjadi di Kelurahan Cawang, Kampung Melayu dan Bidara Cina.

“Nanti saya cek, memang di (Jakarta) Timur dari malam hujan. Mudah-mudahan cepat surut ya,” kata Heru di Jakarta Barat, Senin (27/2).

Heru mengatakan petugas berusaha mengurangi genangan di titik-titik yang masih terendam.

“Yang penting bisa ngalir, kita kurangin,” katanya.

BPBD sebelumnya melaporkan penambahan wilayah terendam banjir akibat hujan yang melanda Jakarta, Senin (27/2).

Data per pukul 09.00 WIB, ada 48 RT dan satu ruas jalan yang tergenang.

Berdasarkan laporan BPBD, banjir tersebar di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Timur. Ketinggian banjir bervariasi mulai dari 20 cm hingga 130 cm.

Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI M Insaf menyatakan ada 267 personel TRC BPBD yang dikerahkan di seluruh kelurahan yang ada di Jakarta.

“BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan,” kata Insaf.

Seperti diberitakan sebelumnya, BPBD DKI menggandeng Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) dan instansi terkait lain. Terutama untuk penyedotan genangan dan banjir. Selain personel, pihaknya juga mengerahkan ratusan pompa stasioner dan pompa keliling.

Sebelumnya, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Minggu (26/02) hingga Senin pagi.

Hal ini menyebabkan kenaikan status siaga Pintu Air Manggarai menjadi siaga tiga atau Waspada. Kemudian, pintu air lain juga siaga tiga atau waspada yakni Bendung Katulampa, Pintu Air Karet dan Pintu Air Pasar Ikan. Sedangkan Pos Angke Hulu dan Pos Sunter Hulu menjadi Siaga Dua atau siaga.

BACA JUGA:   Cerita Siswa Asal Bali Rela Bolos Ujian Sekolah demi Ketemu Emilio Martinez

 

Artikel Terkait