Semarang Membara! Demo Mahasiswa Berujung Rusuh, Gas Air Mata Makan Korban

FT News – Aksi unjuk rasa yang dilakukan kelompok masyarakat sipil dan mahasiswa di depan kantor DPRD Kota Semarang, Jawa Tengah berakhir ricuh.

Di platform media sosial cuitan Semarang jadi trending topic. Sejumlah netizen membagikan video kerusuhan yang terjadi di Semarang, Jawa Tengah.

“Semarang Chaos,” tulis caption akun X Info Jateng satu jam lalu. Pada postingan itu terlihat video detik-detik aparat kepolisian memukul mundur para demonstran.

Terlihat dalam video, kendaraan water cannon milik polisi menyemprotkan air yang membuat para pendemo kocar kacir mencari tempat perlindungan.

Akun lain membagikan momen saat sejumlah warga termasuk anak-anak terkena imbas tembakan air mata yang ditembakkan aparat kepolisian.

“aksi di semarang hari ini bener² chaos banget, polisi terus nembakin gas air mata bahkan anak² yang lagi TPA juga kena gas air mata dong, sampe pada masuk mall buat nyelametin diri, kaisan woy anak² ga salah,” tulis akun @ernaayyy

Sementara itu, kuasa hukum Gerakan Rakyat Menggugat Jawa Tengah, Tuti Wijaya, mencatat puluhan mahasiswa dirawat di sejumlah rumah sakit.

“Ada 33 orang yang dirawat di sejumlah rumah sakit. Sebagian besar mengalami sesak nafas, ada juga yang mengalami luka di kepala,” kata Tuti.

Usai aksi yang berakhir ricuh tersebut, lanjut dia, terdapat pula 6 orang mahasiswa dan 21 pelajar yang diamankan oleh polisi.

BACA JUGA:   Elektabilitas Kian Moncer, Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran?

Menurut dia, para pelajar dan mahasiswa tersebut masih menjalani pemeriksaan di Polrestabes Semarang hingga malam hari.

“Ini masih data sementara, kami masih belum bisa mendampingi,” katanya seperti dikutip dari Antara.

Artikel Terkait