Soal Jet Pribadi, Hendra Kurniawan Telah Diperiksa, Hasilnya Diumumkan Hari Ini

Forumterkininews.id, Jakarta – Dit Tipikor Bareskrim Polri telah memintai keterangan Brigjen Pol Hendra Kurniawan, Jumat (7/10) lalu. Pemeriksaan ini  terkait dugaan tindak pidana korupsi dalam penggunaan pesawat jet pribadi.

Dir Tipikor Bareskrim Polri Birgjen Pol Cahyono Wibowo mengatakan pemeriksaan terhadap Brigjen Hendra Kurniawan itu dilaksanakan Jumat (7/10) lalu.

“BJP HK sudah dilakukan klarifikasi atau permintaan keterangan dalam penyelidikan terkait dugaan tindak pidana korupsi dalam penggunaan private jet,” kata Cahyono kepada wartawan di Jakarta, Minggu (9/10).

Ia menjelaskan, pemeriksaan itu digelar di Mako Brimob, tempat mantan Karo Pengamanan Internal (Paminal) Divisi Propam Polri itu ditahan sebagai tersangka kasus menghalangi penyidikan atau obstruction of justice perkara penembakan Brigadi J.

“Pemeriksaan berlangsung pada pukul 08.00 sampai dengan 14.00 WIB,” kata Cahyono.

Tidak hanya Brigjen Hendra Kurniawan yang dimintai keterangan, Cahyono mengatakan pihaknya juga telah meminta keterangan pihak lainnya, namun enggan merinci siapa-siapa saja.

Cahyono menyebutkan perkembangan penyelidikan terkait penggunaan pesawat jet pribadi oleh Brigjen Polisi Hendra Kurniawan akan disampaikan hari ini, Senin (10/10).

Sebelumnya, IPW mengidentifikasi jenis pesawat jet pribadi yang dipakai Brigjen Pol Hendra Kurniawan dan kawan-kawan ketika terbang ke Jambi. Pesawat tersebut yakni tipe Jet T7-JAB.

Atas temuan ini, IPW mendesak Kapolri mengusut dugaan penerimaan gratifikasi fasilitas pesawat pribadi oleh Hendra Kurniawan dkk. Juga terkait temuan aliran dana Rp155 triliun dari judi online.

“Oleh karenanya, KPK juga harus memeriksa terkait gratifikasi pesawat jet,” kata Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso, Senin (19/9) lalu.

Artikel Terkait