Spearmint Tea, Teh Viral yang Punya Segudang Manfaat

Forumterkininews.id, Jakarta – Belakangan beredar video testimoni konsumsi Spearmint tea di media sosial. Tahukah kalian apa itu Spearmint tea? 

Spearmint tea merupakan minuman teh herbal yang terbuat dari daun mint. Seperti papermint, spearmint memiliki rasa yang manis dan dominan menghangatkan.

Spearmint memiliki rasa manis yang menenangkan juga sering terdapat pada kandungan pasta gigi, obat kumur, permen karet, dan perment. Selain rasanya yang enak, spearmint juga  memiliki banyak manfaat.

Mengutip laman Healthline.com, terdapat beberapa manfaat spearmint yang baik untuk kesehatan :

1. Baik untuk Gangguan Pencernaan
Senyawa carvone secara alami ada di dalam spearmint dan terbukti mampu menghambat kontraksi otot di saluran pencernaan. Biasanya spearmint berguna untuk membantu meringankan gejala gangguan pencernaan, mual, muntah dan gas.

2. Tinggi Antioksidan
Di dalam spearmint juga ada antioksidan, senyawa kimia yang membantu melindungi dan memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas. Spearmint mengandung sejumlah besar senyawa antioksidan, seperti asam rosmarinic, flavon dan flavanon seperti limonene dan mentol.

3. Membantu Wanita dengan Ketidakseimbangan Hormon
Spearmint tea memiliki banyak khasiat untuk wanita loh! Ketika wanita mengalami gangguan hormon, spearmint tea dapat meredakan nyeri.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa spearmint tea dapat membantu menyeimbangkan hormon perempuan dengan menekan hormon testosterone pada perempuan dan meningkatkan hormon yang penting untuk kesuburan.

4. Mengurangi Rambut Wajah pada Wanita
Di negara-negara Timur Tengah, spearmint tea umum digunakan sebagai obat herbal untuk pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan.

Tak hanya itu, meminum spearmint tea dapat mengurangi hirsutisme atau pertumbuhan rambut hitam dan kasar pada wajah, dada, dan perut wanita karena ketika mengonsumsi spearmint tea, dapat menekan kadar testosteron.

BACA JUGA:   Dapat Ancaman di Malaysia, KJRI: Kasus Band Radja Dilimpahkan ke JPU

5. Meningkatkan Daya Ingat
Sebuah penelitian baru pada orang dewasa lanjut usia dengan gangguan memori, diberikan suplemen harian dengan mengandung 900mg ekstrak spearmint tea membuktikan peningkatan memori kerja sebesar 15%. Namun, bukti terkait hal ini masih terbatas meskipun menjanjikan.

6. Melawan Infeksi Bakteri
Spearmint tea memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang mampu membunuh bakteri di mulut dan menyebabkan bau mulut. Maka sering kali spearmint digunakan untuk untuk pasta gigi, penyegar napas, dan permen karet.

Penelitian juga telah membuktikan spearmint tea juga dapat bekerja melawan penyakit bawaan dari makanan, seperti bakter E. coli dan Listeria.

7. Mengurangi Stress
Spearmint tea dapat meningkatkan relaksasi dan mengurangi stres. Di negara-negar Amerika Selatan, teh ini digunakan untuk mengatasi stres dan insomnia. Daunnya yang mengandung mentol memiliki efek yang dapat menenangkan tubuh.

Selain tujuh manfaat tersebut, telah banyak penelitian lainnya yang membuktikan berbagai manfaat dari spearmint tea.

Untuk kalian yang sedang mengalami stres atau mungkin sedang berjerawat, bisa banget mencoba minum spearmint tea loh!

Artikel Terkait

Sah! Gamers Cantik Listy Chan Mualaf

Nama Listy Chan, gamers cantik yang sempat populer di...

Duo Anggrek Comeback Lewat Mekar: Lebih Fresh

Penghujung tahun 2024, Duo Anggrek yang diawaki Devay dan...

Salim Nauderer Ngaku Selingkuh, Rachel Vennya Diteror Ayah Azizah Salsha?

Ahmad Ramzy, mantan kuasa hukum Salim Nauderer memastikan kalau...