Tanggapan Warga Soal Kampung Susun Cakung: Enak, Fasilitasnya Banyak

Forumterkininews.id, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meresmikan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, Kamis (15/8). Para penghuni bangunan ini adalah warga Bukit Duri, Jakarta Selatan yang menjadi korban penggusuran pada pertengahan 2016 lalu.

Riswa, warga Bukit Duri yang berjualan hijab dan pakaian muslim mengungkapkan rasa syukurnya karena mendapat unit hunian dan usaha di Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung.

“Alhamdulillah dari perjuangan kami sejak 2016 setelah digusur, kita berjuang. Kita memperjuangkan agar mendapatkan penggantian (hunian) yang layak. Alhamdulillah sekarang kita mendapatkan tempat yang sangat layak, banyak sekali fasilitas yang diberikan. Khususnya untuk usaha UMKM. Semoga tempat ini akan lebih baik dari kita di Bukit Duri,” pungkas Riswa.

Pembangunan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung ini merupakan tindak lanjut pembangunan kampung susun sebelumnya yang sudah dihuni. Yaitu Kampung Susun Akuarium Tahap I sebanyak 2 blok dan 107 unit. Selain di lokasi ini juga terdapat pembangunan kampung susun yang telah selesai. Yaitu Kampung Susun Kunir sebanyak 1 blok dan 33 unit hunian yang akan diresmikan kemudian.

Selanjutnya terdapat 2 (dua) lokasi kampung susun yang sedang dalam proses pembangunan, yakni Kampung Susun Akuarium Tahap 2 sebanyak 3 blok dan 134 unit hunian, serta Kampung Susun Jalan Tongkol sebanyak 2 blok dan 128 unit hunian, serta Kampung Susun Bayam sebanyak 3 blok dan 135 unit hunian. Sehingga total kampung susun yang akan terselesaikan pembangunannya pada tahun ini sebanyak 14 blok dengan 612 unit hunian.

Seperti diberitakan sebelumnya,  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung di Jalan Kavling DPR Kampung Pulo Jahe, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (25/8).

Lebih lanjut Anies mengatakan, peresmian ini bertepatan dengan Hari Perumahan Nasional. Dimana pembangunan kampung susun ini direncanakan secara kolaboratif bersama warga melalui Community Action Plan (CAP).

Artikel Terkait