Tiba di RS, David dalam Tingkat Kesadaran Skala Dibawah Normal

Forumterkininews.id, Jakarta – Ahli Dokter Rumah Sakit, Aisyah Hanafi menyatakan bahwa korban David Ozora berada dalam tingkat kesadaran dibawah normal saat pertama kali tiba di Rumah Sakit Medika Permata Hijau usai dilakukan penganiayaan oleh Mario Dandy Cs.

Hal ini diungkapkan dirinya saat hadir sebagai saksi dalam sidang lanjutan Mario Dandy dan Shane Lukas di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pada Kamis (6/7).

Awalnya Ketua Majelis Hakim, Alimin Ribut Sudjono menanyakan soal hasil pemeriksaan. Pada bagian dalam tubuh David di Rumah Sakit Medika Permata Hijau.

“Saudara lalukan ga pemeriksaan dalam?,” tanya Alimin.

Kemudian Aisyah mengungkapkan bahwa tingkat kesadaran David dibawah Glasgow Coma Scale (GCS) yang nilai normalnya adalah 15.

“Jadi yang pertama sekali itu kita nilai kondisi pasien memang tidak sadarkan diri. Dengan kesadaran kita sebut skala klinisnya itu GCS pertama kali itu saya nilai 10,” jawab Aisyah.

Selanjutnya Aisyah menjelaskan hal ini ditandai dengan adanya respon mata dan gerakan yang dilakukan oleh korban David di Rumah Sakit.

“Hal ini ditandai dengan membuka mata bila kita panggil. Kemudian suara terdengar tapi tidak jelas dengan kata-kata tapi tidak dengan kalimat yang jelas. Setelah itu gerakan dapat menghalau gerakan tetapi menghalau gerakan dengan nyeri,” papar Aisyah.

“Kemudian setelah saya nilai, saya nilai dari luar dulu ditemukan yang saya sebutkan barusan. Sebagai dokter umum kita memberikan penanganan awal dengan pemeriksaan lanjutan seperti laboratorium, CT scan dan saran rawat inap di bagian ICU,” lanjut Aisyah.

Artikel Terkait