Top! Danau Indonesia Ini Masuk Daftar Wajib Dikunjungi Versi New York Times

FTNews – Pada tanggal 8 Januari lalu, New York Times mengeluarkan suatu daftar yang bernama “52 Places to Go 2024”. Pembuatan daftar ini berdasarkan pertimbangan para ahli berdasarkan perjalanan keberlanjutan dan acara budayanya.

Di dalam daftar ini, lebih tepatnya di urutan ke 24, sebuah danau di Indonesia masuk ke dalam daftar ini. Danau tersebut adalah Danau Toba yang berada di Sumatera Utara.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memang menjadikan Danau Toba salah satu destinasi prioritas. Daerah ini juga sudah ditetapkan sebagai Global Geopark Indonesia di tahun 2023.

“Berdiam diri di lubang besar di Bumi dan mengaduk susu kental manis ke dalam secangkir kopi Sumatra memang sangat bermanfaat,” tulis Joel Carillet di New York Times.

Pemandangan Danau Toba. Foto: Kemenparekraf

Tahun 2020, UNESCO telah menetapkan Danau Toba sebagai situs warisan dunia. Danau ini memiliki luas mencapai 1.145 kilometer dengan kedalaman 450 meter. Hal ini membuat Danau Toba menjadi danau terbesar di Asia Tenggara.

Letusan gunung berapi yang super masif sekitar 69.000 hingga 77.000 tahun, yang memicu perubahan perubahan iklim global, membentuk cekungan danau ini. Di tengah-tengah Danau Toba, terdapat sebuah pulau yang seluas 630 kilometer persegi.

Pulau tersebut bernama Pulau Samosir. Pulau ini menjadi pulau dalam pulau terbesar di dunia dan urutan kelima dalam kategori pulau di tengah danau.

Terdapat tujuh kabupaten yang mengelilingi Danau Toba. Antara lain Kabupaten Toba Samosir, Samosir, Simalungun, Karo, Dairi, Humbang Hasundutan, dan Tapanuli Utara.

Selain itu, Joel Carillet juga mengatakan salah satu daya tarik dari destinasi wisata ini adalah tidak membludaknya turis di daerah ini.

“Lewati sawah bertingkat dan gereja dengan atap lembaran logam berkarat, lalu menyelamlah ke dalam danau ke dalam ruang katarsis yang dahulu pernah mengalami bencana alam namun kini berubah menjadi ketenangan,” ungkap Joel atas kekagumannya dengan Danau Toba.

Artikel Terkait