TransJakarta Tabrak Separator, Polisi: Pengemudi Kurang Konsentrasi

Forumterkininews.id, Jakarta – Polisi menyebut penyebab Bus TransJakarta menabrak separator busway di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, disebabkan sopir kurang hati-hati saat berkendara.

Hal tersebut berdasarkan dugaan sementara penyebab kecelakaan Bus TransJakarta pada Jum’at, 3 Desember 2021, pukul 11.50 WIB.

“Patut diduga pengemudi kendaraan bus TransJakarta B-7277-TGC kurang hati-hati dan konsentrasi,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Argo Wiyono dalam keterangan resmi kepada wartawan, Jumat (3/12).

Argo menjelaskan saat terjadinya kecelakaan, bus TransJakarta melaju dari arah selatan menuju utara di Jalan Jenderal Sudirman wilayah Jakarta Selatan.

“Sesampai di depan gedung Ratu Plaza, diduga kurang hati-hati dan konsentrasi, sehingga (bus) oleng ke kiri dan kemudian kendaraan menabrak separator (Pembatas Jalur Busway),” ucapnya.

Tidak ada korban jiwa akibat kecelakaan tersebut. Namun, akibat kejadian itu, bus TransJakarta mengalami kerusakan pada bagian depan dan samping kiri.

“Akibat dari laka lantas tersebut, kendaraan dan pembatas Jalur Busway (Sparator Busway) mengalami kerusakan,” jelasnya.

Selain itu, beton separator busway juga pecah. Polisi saat ini masih menyelidiki kecelakaan tersebut dengan mencari saksi dan mengumpulkan barang bukti di lokasi kejadian.

“Kerusakan kendaraan mengalami kerusakan pada bodi depan bawah ringsek,” ujarnya.

Sebelumnya diketahui, sopir bus bernama Ade Setiyono menjelaskan awal mula kecelakaan. Ade mengaku hilang kendali gara-gara botol air mineral menggelinding.

“Itu (botol) botol air mineral jatuh. (Botol) air mineral jatuh, udah sih gitu,” kata Ade saat ditemui di lokasi, Jumat (3/12).

Ade mengaku tidak dalam kondisi mengantuk. Dia hanya mengatakan saat tengah menyetir tiba-tiba botol air mineral itu menggelinding ke arah pedal gas sehingga dia kehilangan kendali.

“Jadi saya lagi nyetir, gelinding. Kena gas,” terang Ade.

BACA JUGA:   Penumpang Kereta Argo Wilis-Semeru Dievakuasi

Ade tidak banyak bicara, karena mengaku masih shocked setelah peristiwa kecelakaan tersebut.

Artikel Terkait