Tujuh Kapolda Dimutasi, Diantaranya Kapolda Jabar dan Sulteng

Forumterkininews.id, Jakarta – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit melakukan mutasi terhadap sejumlah Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) dalam rangka penyegaran dan promosi.

Hal itu diungkapkan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo dalam keteranganya di Jakarta, Rabu (29/3).

“Yang dapat mutasi ada tujuh kapolda. Ada tiga pejabat utama Mabes Polri, penyegaran ada 77 personel,” kata Dedi Prasetyo

Ada 7 personel yang menjabat Kapolda dalam rangka promosi. Diantaranya Irjen Pol Karyoto, Sulteng: Irjen Pol Agus Nugroho sebagai Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng), dan Irjen Pol Akhmad Wiyagus sebagai Kapolda Jabar.

Sejumlah kapolda yang dimutasi, yakni Irjen Pol Agus Nugroho menggantikan Irjen Pol Rudy Sufahriadi sebagai Kapolda Sulawesi Tengah. Kemudian Irjen Pol Rudy Sufahriadi dimutasi menjadi Pati Lemdiklat Polri dalam rangka persiapan penugasan di luar struktur.

Selanjutnya, Irjen Pol Angnesta Romano Yoyol menggantikan Irjen Pol Helmy Santika sebagai Kapolda Gorontalo. Sementara Helmy Santika diangkat menjadi Kapolda Lampung.

Kemudian Irjen Pol Akhmad Wiyagus dimutasi sebagai Kapolda Jawa Barat menggantikan Irjen Pol Suntana.

Sedangkan Irjen Suntana diangkat sebagai Pati Baintelkam Polri dalam rangka penugasan di luar struktur. Terakhir, Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri Brigjen Pol Pipit Rismanto dimutasi dalam rangka promosi sebagai Kapolda Kalimantan Barat, menggantikan Irjen Pol Suryanbodo Asmoro yang dimutasi sebagai Pati dalam rangka pensiun.

Sementara itu, mantan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Sosial Budaya Kapolri, diangkat sebagai Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Lemdiklat Polri.

Selain itu, ada juga mutasi 72 personel Polri dalam rangka penempatan Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Pimpinan Tinggi (Dikbangpimti). 88 personel Dikbangpimti, 11 personel untuk penugasan khusus, 36 personel pensiun, serta tiga personel untuk evaluasi jabatan.

Artikel Terkait