Warga Shock Ada Sarang Tawon Vespa di Rumahnya, BPBD Turun Tangan

FTNews, Kota Tangerang— Niat hati membersihkan ruangan lantai tiga rumahnya yang sudah berbulan-bulan tidak digunakan. Alangkah terkejutnya dia melihat ada sarang tawon besar berada di ruangan itu.

Tak berani menangani sendiri, khawatir tawon-tawon itu menyerangnya, warga Jl Pandan Raya, RT 05, RW 12, Kelurahan Cibodas Sari, Kecamatan Cibodas, itu pun lantas melapor ke Petugas UPT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Korban Cibodas BPBD Kota Tangerang.

Dilansir tangerangkota.go.id, operasi penanganan sarang tawon vespa ini berjalan dramatis, Kamis (8/8/24).

Untuk diketahui, tawon vespa yang  dikenal sebagai tawon ndas, hidup berkelompok dan dapat menyebabkan bahaya jika tidak ditangani dengan tepat dan cepat.

Keterangan yang diperoleh, pemilik rumah menemukan sarang tawon di salah satu ruangan di lantai tiga rumahnya, yang sudah beberapa bulan tidak digunakan. Sarang tawon itu berdiameter sekitar 50 cm.

Kepala UPT Damkar dan Penyelamatan Korban Cibodas Muhammad Syahri menyatakan, proses evakuasi berjalan lancar tanpa kendala apapun.

“Proses evakuasi berlangsung kurang lebih 15 menit. Petugas menutup tiga lubang yang ada di sarang, yaitu akses keluar masuk para tawon menggunakan gumpalan tisu. Kemudian, diberikan cairan campurang kimia agar sarang tawon lemas dan tidak menyerang petugas,” jelas Syahri.

“Dalam prosesnya, petugas menggunakan alat pelindung diri arau APD, untuk mengantisipasi penyerangan hewan berbahaya tersebut,” tambahnya.

Menurut Syahri, sarang tawon vespa merupakan ancaman serius bagi keselamatan warga sekitar. Sehingga, laporan dan evakuasi ini penting dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketenangan di lingkungan tersebut.

“Kami mengimbau, partisipasi warga untuk melaporkan keberadaan hewan yang berpotensi membahayakan, sehingga kami dapat segera bertindak. Daripada bertindak tanpa pengetahuan dan pengalaman dan membayakan diri sendiri dan sekitar, lebih baik lapor untuk ditangani oleh yang profesional,” ucapnya.***

BACA JUGA:   Tangerang dan Cilegon Jadi Tempat Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis

 

Artikel Terkait

Pj Gubernur Banten Al Muktabar Beberkan Empat Fokus APBD 2025

FTNews, Serang--- Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan,...

Rizki Juniansyah Sumbang Emas untuk Banten dan Pecahkan Sejumlah Rekor Nasional

FTNews---  Lifter nasional asal Provinsi Banten, Rizki Juniansyah, berhasil...

Penyerapan Pajak Kota Tangerang Meningkat Drastis PBB-P2 97,3% dan BPHTB 105,8%

FTNews--- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali mencatatkan tren positif...