Waspada Takjil Berformalin, Risiko Terkena Kanker

FTNews – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI melakukan pengawasan dalam rangka Ramadan dan menjelang Idulfitri 2024. BPOM mengambil 9.262 sampel takjil di pasaran untuk diuji dalam lab dan hasilnya sebanyak 1,10 persen mengandung formalin.

Plt Kepala BPOM RI Lucia Rizka Andalusia mengatakan, selain menemukan formalin BPOM juga menemukan makanan berbuka mengandung boraks, rhodamin, serta bahan kuning metanil. Jumlah temuan ini menurun pada tahun sebelumnya sekitar 1,17 persen.

Dari temuan itu, sebanyak 48,04 persen pelanggar menggunakan bahan formalin, 25,49 menggunakan rhodamin B, 27,45 persen menggunakan boraks, dan 0,98 persen menggunakan bahan kuning metanil.

takjil
Ilustrasi uji sampel untuk ketahui bahan berbahaya pada makanan. Foto: Freepik

Salah satu takjil yang sering mengandung formalin adalah mie kuning dan tahu, rhodamin B pada cendol dan mutiara. BPOM juga menemukan bahan kuning metanil dalam tahu orange, dan boraks pada cilok dan otak-otak. Bila masuk dalam tubuh, ujar Rizka, dapat membahayakan kesehatan tubuh.

“Bahayanya macam-macam, mulai dari ringan hingga berat. Misalnya efek beratnya itu bersifat karsinogen ya jadi dapat menyebabkan kanker. Kalau ringannya mungkin mual, muntah, dan pusing,” ungkap Rizka, Senin (1/4).

Dalam kesempatan yang sama, Plt Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM RI Ema Setyawati mengungkap ciri-ciri takjil berbahaya yang sering ditemukan.

takjil
Ilustrasi makanan. Foto: Freepik

Takjil yang mengandung formalin biasanya dapat awet dalam durasi waktu tidak wajar. Makanan mengandung formalin juga biasanya tidak akan dihinggapi lalat.

Jadi lalat saja punya ‘sinyal’ itu tidak bisa dihinggapi. Ketika bicara pewarna, biasanya warnanya betul-betul terang sekali,” ungkap Ema.

Bahan boraks biasanya untuk takjil yang bertekstur kenyal dan juga digunakan dalam kerupuk agar sukar melempem. Jadi kita lihat kekenyalan makanan itu masuk akal nggak sih,” tutupnya.

Artikel Terkait

Lezatnya Mie Rebus Legendaris Pak Mail Jalan Perdana Medan

FT News - Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut),  memang...

Waduh! Seorang Wanita Meninggal di Tengah Live Streaming Mokbang

FTNews - Mokbang merupakan salah satu konten yang sangat...

Tingkah Jenaka Gibran Rakabuming Unggah Video Viral Nasi Padang: Menyala Wapresku

FTNews - Calon Wakil Presiden Terpilih Indonesia, Gibran Rakabuming...

Akibat Makan Kimchi, Sekitar 1.000 Orang Keracunan di Korsel

FTNews - Kimchi merupakan sebuah makanan tradisional asal Korea...

Denmark Komplain Mie Instan Asal Korsel Ini Terlalu Pedas

FTNews - Mie instan merupakan salah satu makanan instan...