Ada Caleg Hadir di PSU Kuala Lumpur, Bawaslu: Tak Masalah

FTNews – Sejumlah Caleg DPR RI Dapil Jakarta II hadir ke tempat pemungutan suara ulang (PSU) di Kuala Lumpur, Malaysia pada Minggu (10/3).

Soal itu, anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Herwyn JH Malonda menyebut kehadiran mereka bukan sebuah masalah.

“Bagi Bawaslu sebenarnya tidak ada larangan bagi siapa saja untuk hadir dalam pemungutan suara,” ujar Herwyn di Kantor KPU RI, Senin (11/3).

Namun, Herwyn mengaku belum mendapatkan informasi jika beberapa caleg hadir saat PSU di Kuala Lumpur, Malaysia.

Ia pun menegaskan, bahwa yang dilarang adalah para caleg melakukan perbuatan atau tindakan yang bisa mengarah pada satu kampanye agar memilih mereka.

“Asalkan tidak melakukan perbuatan atau tindakan yang bisa mengarah kepada satu kampanye. Kemudian kedua mengarahkan pemilih supaya memilih yang bersangkutan. Nah ini yang lagi kami tunggu dari Kuala Lumpur,” terangnya.

Warga melakukan pemungutan suara di Pemilu 2024. Foto: Antara
Caleg Hadir di PSU

Sebelumnya, beberapa anggota DPR RI petahana yang juga kini maju sebagai caleg hadir saat PSU Kuala Lumpur.

Hal itu berdasarkan laporan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) dan Migrant CARE yang sedang melakukan pemantauan langsung di Kuala Lumpur.

Mereka yang hadir yakni caleg PDI Perjuangan Masinton Pasaribu, caleg PPP Ahmad Baidowi dan caleg PAN Uya Kuya.

“Para caleg itu brutal-brutal. Artinya pokoknya bagaimana caranya bisa mendapatkan suara di kesempatan terakhir ini,” kata staf Migrant CARE Santosa.

Menurutnya, mereka  tidak mendatangi langsung lokasi pencoblosan di Putra World Trade Center, melainkan berkumpul di sekitar lokasi tersebut.

Artikel Terkait