Ahmad Lutfi Resmi Bakal Calon Gubernur Jawa Tengah, Siapa Sosok Cawagubnya?

FTNews – Partai Gerindra resmi mengusung Mantan Kapolda Jawa Tengah, Komjen Pol Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur Jawa Tengah. Dirinya telah menerima dokumen model B1KWK yang diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani di DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan, pada Jumat (23/8).

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Ketum, Waketum, dewan pembina sekaligus presiden terpilih Bapak Prabowo Subianto yang telah memberikan dukungan dan dorongan bahwa hari ini saya diusung oleh Partai Gerindra,” kata Luthfi.

Kemudian Luthfi membocorkan bakal calon pasangannya yang akan mendampingi memimpin provinsi Jawa Tengah, yakni Gus Taj Yasin Maimoen.

“Hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi saya dan pasangan saya nanti adalah Gus Taj Yasin Maimoen. Bukan (Kaesang). Tidak ada alasan itu kan masalah politik ya. Tidak ada pertimbangan. Itu semua adalah komitmen partai ya artinya perjalanan politik kita ditentukan oleh partai-partai pengusung,” ucap Luthfi.

Mantan Kapolda Jawa Tengah, Komjen Pol Ahmad Luthfi di DPP Gerindra, pada Jumat (22/8/2024) (Foto: FTNews / Adinda Ratna Safira)

Sementara itu nantinya ia akan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) pada pekan depan.  Setelah penetapan pasangan calon dirinya bakal mengundurkan diri dari Korps Bhayangkara.

“Kalau peraturannya kan setelah ada penetapan paslon baru bisa mengundurkan diri. Daftar aja belum. Tanggal 29 Agustus 2024 baru daftar,” ucap Luthfi.

Sebelumnya diberitakan, Komjen Pol Drs. Ahmad Luthfi resmi dicalonkan sebagai bakal calon gubernur di Jawa Tengah yang diusung Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

PSI hari ini memberikan 104 surat rekomendasi kepada bakal calon pemimpin daerah seluruh Indonesia, di The Casablanca, Jakarta Selatan, Kamis (15/8).

Meski demikian, dalam pemberian surat rekomendasi ini, PSI belum mengumumkannya.

“Sampai sekarang untuk wakil kan belum ada. Intinya ya sabar nanti setelah ada wakil lah baru kita tetapkan terkait Jawa Tengah,” jelasnya kepada wartawan setelah pemberian surat rekomendasi.

BACA JUGA:   Mantan Suami Artis Lakukan Percobaan Pembunuhan, Polisi: Mereka Berteman

Dirinya menyatakan siap dipasangkan dengan siapapun. Perlu diketahui, PSI bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Sama Mas Kaesang (Pangarep) cocok, sama Mas yang lain juga cocok,” tambahnya.

Adapun KIM merupakan koalisi yang terdiri dari Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PBB, Gelora, Garuda, Prima, dan PSI.

Koalisi ini mengusung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024 kemarin.

Sebelum PSI memberikan surat rekomendasi, Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi menyampaikan permohonan maaf kepada jajarannya dalam acara HUT Bhayangkara ke-78. Permohonan maaf ini lantaran tahun ini dirinya pensiun sebagai anggota Polri.

Artikel Terkait