Ampuh! Ini Tips Hilangkan Flek Hitam di Wajah

FTNews – Memiliki flek hitam di wajah terkadang membuat seseorang tak percaya diri. Layaknya jerawat, noda hitam di wajah tersebut dianggap sebagai hal yang bisa memengaruhi penampilan.

Penyebab flek hitam sendiri bermacam-macam. Mulai dari paparan sinar UV, hormon, peradangan kulit, dan lain sebagainya.

Di bawah ini adalah sederet tips ampuh yang bisa kamu coba untuk menghilangkan flek hitam.

Konsumsi makanan bergizi

Ilustrasi Berbagai Makanan Sehat. (Foto:Freepik)

Pertama, makanan yang kaya antioksidan, seperti buah-buahan dan sayuran, dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Gunakan Tabir Surya dengan SPF Tinggi

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari sangat penting. Sehingga, gunakanlah  tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari, bahkan saat cuaca mendung.

Ilustrasi penggunaan sunscreen. Foto: Freepik

Gunakan Produk Pencerah Kulit

Pilih produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan seperti asam kojat, asam glikolat, retinoid, atau niacinamide. Produk ini dapat membantu mengurangi produksi melanin dan memudarkan flek hitam.

Pemutih Kulit Alami

Beberapa bahan alami seperti jus lemon, lidah buaya, atau minyak kelapa mungkin membantu mencerahkan kulit.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua orang merespons dengan baik terhadap bahan-bahan ini. Juga dapat menyebabkan iritasi pada beberapa jenis kulit. Sebaiknya lakukan uji coba kecil di area kecil kulit terlebih dahulu.

Peeling Kimia

Perawatan peeling kimia di klinik kecantikan dapat membantu mengangkat lapisan kulit atas yang mengandung flek hitam. Ini dapat membantu regenerasi kulit baru dengan warna yang lebih merata.

Peel Off Mask Images - Free Download on Freepik
(Peeling dengan masker yang mengandung vitamin C/Freepik)

Vitamin C

Produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi dan memberikan efek pencerahan pada kulit.

Perawatan Laser

Beberapa jenis perawatan laser dapat membantu mengurangi flek hitam dengan merusak melanin yang berlebih di kulit. Konsultasikan dengan ahli dermatologi untuk mengetahui opsi terbaik sesuai dengan kondisi kulit Anda.

BACA JUGA:   Bangkitkan Pariwisata Bali, Festival Musik Digelar Akhir Bulan Ini

Hindari Merokok dan Alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol dapat merusak kulit dan memperburuk kondisi hiperpigmentasi. Hindari atau batasi kedua kebiasaan ini.

Konsultasi dengan Ahli Dermatologi

Jika flek hitam di wajah  mengkhawatirkan, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli dermatologi. Mereka dapat memberikan penilaian lebih lanjut dan menyarankan perawatan yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

Artikel Terkait