Atasi Kekeringan, BPBD Salurkan 1 Juta Liter Lebih Air Bersih ke Puluhan Desa di Rembang

FTNews, Rembang— Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang telah mendistribusikan air bersih ke sejumlah desa, yang terdampak kekeringan di 13 kecamatan yang mengajukan permohonan. Hingga Selasa (10/9/2024), sebanyak lebih dari 1 juta liter air bersih telah disalurkan.

Kepala BPBD Kabupaten Rembang, Sri Jarwati menyampaikan, sampai Selasa (10/9/2024) pukul 11.00 WIB, terdapat 48 desa yang telah mengajukan permohonan bantuan air bersih. Jumlah tersebut mencakup 7.940 kepala keluarga (KK) atau setara dengan 21.444 jiwa.

“Untuk data kekeringan, kita selalu update setiap hari. Karena surat (permohonan) yang masuk itu selalu ada. Jadi kita selalu update,” ungkapnya, dilansir Diskominfo Rembang.

Disampaikan, pihaknya telah bekerja sama dengan beberapa lembaga untuk memenuhi kebutuhan air bersih tersebut. Hingga Senin lalu, total air bersih yang sudah disalurkan ke desa-desa yang mengalami kekeringan mencapai 1,222 juta liter.

“Kalau kita, rata-rata satu tanki itu 4 ribu liter, itu sudah 305 tanki. Jadi jumlahnya 1,222 juta liter yang sudah kita droping ke masyarakat. Itu di luar yang langsung secara pribadi, kita berterima kasih,” tambahnya.

Sri Jarwati menambahkan, pasokan air bersih masih tersedia dan mencukupi untuk pendistribusian ke desa-desa yang terdampak kekeringan. Desa-desa yang membutuhkan bantuan air bersih diminta untuk segera mengajukan permohonan ke Kantor BPBD Rembang.***

Artikel Terkait

Gercep Polisi Gagalkan Rencana Tawuran Bersajam, Puluhan Remaja Ditangkap

FTNews, Kota Semarang--- Lagi-lagi tawuran. Kali ini terjadi di...

Jelang Peparnas XVII: Jateng Optimis Bakal Juara Umum lagi

FTNews, Surakarta – Penjabat Gubenur Provinsi Jawa Tengah, Nana...

Sempat Ranking 19, Kini Jateng Bercokol di Urutan 6 PON XXI

FTNews, Semarang--- Sempat bertengger di ranking 19, kini Jawa...

Genjot PAD, Sekda Jateng Usulkan Kepatuhan Wajib Pajak Jadi Indikator Kinerja

FTNews, Semarang--- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sumarno,...

Jateng dan UEA Godok Kerja Sama Modernisasi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

FTNews, Semarang--- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Uni Emirat...