Bagaimana Menjaga Konsistensi Ibadah Selama Ramadhan? Begini Tipsnya

Sosial Budaya

Kamis, 06 Maret 2025 | 23:20 WIB
Bagaimana Menjaga Konsistensi Ibadah Selama Ramadhan? Begini Tipsnya
Ilustrasi. (Pixabay @Akphotos1021)

Umat Islam tengah menjalankan ibadah puasa Ramadan 1446 H. Pada bulan suci ini kaum muslim berlomba-lomba meningkatkan ibadah untuk memperoleh rida Ilahi.

rb-1

Ada yang siang malam bertadarus Alquran, ada pula yang rajin salat tarawih dari rakaat pertama sampai witir, ada juga yang rajin berjamaah salat lima waktu ke masjid tanpa absen, dan sebagainya.

Namun, tidak jarang kita temui orang hanya semangat di awal, tapi begitu masuk separuh bulan terakhir stamina ibadahnya menurun. Riuh suara tadarus Alquran mulai redup, jumlah shaf salat tarawih hilang baris demi baris, intensitas jamaah shalat lima waktu di masjid juga mulai menurun.

Baca Juga: 10 Amalan Sunah Ramadan dalam Kitab Syekh Nawawi Al-Bantani

rb-3

Ilustrasi. (Pixabay @berctk)

Ada beberapa tips untuk merawat semangat ibadah saat Ramadan, di antaranya sebagai berikut seperti dikutip situs Kementerian Agama:

Hindari makan terlalu kenyang

Pertama adalah hindari makan terlalu kenyang. Sudah menjadi kebiasaan, waktu berbuka puasa seolah menjadi momen “balas dendam” setelah seharian penuh menahan lapar dan dahaga.

Baca Juga: Bolehkah Anak Sahur dan Buka Puasa dengan Makanan Manis, Ini Saran Dokter?

Segala rupa hidangan disajikan di meja makan. Selesai buka puasa perut kekenyangan sehingga menyebabkan malas bergerak, termasuk untuk beribadah.

Inilah penyebab umum malas beribadah, terutama shalat tarawih, yang dialami banyak orang saat Ramahan. Makan terlalu kenyang merupakan bentuk perilaku berlebihan yang dilarang oleh agama. Allah SWT berfirman,

يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ خُذُوْا زِيْنَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَّكُلُوْا وَاشْرَبُوْا وَلَا تُسْرِفُوْاۚ اِنَّه لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَ

Artinya, “Wahai anak cucu Adam, pakailah pakaianmu yang indah pada setiap (memasuki) masjid dan makan serta minumlah, tetapi janganlah berlebihan. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang berlebihan.” (QS Al-A’raf [7]: 31).

Ayat ini secara tegas melarang kita untuk bertindak berlebihan. Sesuatu yang baik akan mengundang petaka jika dilakukan melampaui batas.

Dalam konteks Ramadan, makan terlalu berlebihan bisa menyebabkan kita tertinggal banyak kesempatan ibadah yang balasan pahalanya berkali-kali lipat dibanding pada bulan-bulan lainnya. Terkait batas konsumsi makanan yang ideal, Rasulullah SAW juga pernah bersabda,

مَا مَلَأَ آدَمِيٌّ وِعَاءً شَرًّا مِنْ بَطْنٍ، بِحَسْبِ ابْنِ آدَمَ أُكُلَاتٌ يُقِمْنَ صُلْبَهُ، فَإِنْ كَانَ لَا مَحَالَةَ فَثُلُثٌ لِطَعَامِهِ وَثُلُثٌ لِشَرَابِهِ وَثُلُثٌ لِنَفَسِهِ

Artinya, “Tiada tempat yang manusia isi yang lebih buruk daripada perut. Cukuplah bagi anak Adam memakan beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Namun, jika ia harus (melebihinya), hendaknya sepertiga perutnya (diisi) untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk bernapas.” (HR At-Tirmidzi).

Menguatkan hadits di atas, Imam Syafi’i juga pernah menyampaikan,

الشَّبْعُ يُثْقِلُ الْبَدَنَ، وَيُقْسِي الْقَلْبَ، وَيُزِيْلُ الْفِطْنَةَ، وَيُجْلِبُ النَّوْمَ، وَيُضْعِفُ صَاحِبَهُ عَنِ الْعِبَادَةِ.

Artinya, “Makan terlalu kenyang membuat berat badan naik, menjadikan hati keras, menghilangkan kecerdasan, menyebabkan kantuk, dan menjadikan malas beribadah.” (Abu Nu’aim al-Ashfihani, Ḥilyatul Auliyā, 1988: juz, h. 127).

Menurut Imam al-Ghazali, tujuan utama puasa adalah untuk mengendalikan syahwat dengan cara membatasi konsumsi makanan. Jika berbuka puasa berlebihan, berarti telah mengabaikan tujuan inti tersebut. Makan terlalu kenyang akan mengaktifkan syahwat, jika syahwat aktif maka setan mudah masuk ke dalam tubuh, jika setan masuk maka akan menjerumuskan ke dalam berbagai perbuatan maksiat.

Al-Ghazali menyebut, “Orang yang makan terlalu kenyang saat berbuka puasa tak ubahnya arsitek andal yang membangun gedung megah dengan susah payah, tapi kemudian ia robohkan sendiri.” Gedung megah yang dimaksud adalah ibadah puasa. (Abu Hamid Muhammad al-Ghazali, Iḫyā Ulūmiddīn, 2016: juz I, h. 318-319).

Akhirkan waktu makan sahur

Kedua untuk mewarat semangat ibadah selama Ramadan adalah dengan mengakhirkan sahur. Salah satu keistimewaan agama Islam adalah anjuran sahur bagi orang yang hendak berpuasa.

Umat Yahudi dan Nasrani juga memiliki syariat puasa, tapi tidak punya anjuran ini. Salah satu hikmah adanya anjuran sahur adalah menjaga stamina tubuh dari pagi sampai sore agar tetap kuat dalam beribadah.

Lebih dianjurkan lagi jika sahur dilakukan pada sepertiga malam terakhir atau menjelang waktu imsak. Sebab, semakin diakhirkan maka stamina tubuh bisa bertahan lebih lama. Rasulullah SAW bersabda,

بَكِّرُوْا بِالإفْطَارِ وَأَخِّرُوْا السَّحُوْرَ

Artinya, “Segerakanlah berbuka dan akhirkanlah sahur.” (HR Ibnu ‘Addi).

Terkait berapa jarak waktu antara sahur dan subuh yang dianjurkan, Nabi menyampaikan kurang lebih setara dengan waktu untuk membaca 50 ayat Al-Qur’an. Dalam satu hadits diriwayatkan,

عَنْ زَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: تَسَحَّرْنَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، ثُمَّ قَامَ إِلَى الصَّلاَةِ، قُلْتُ: كَمْ كَانَ بَيْنَ الأَذَانِ وَالسَّحُوْرِ؟ قَالَ: قَدْرُ خَمْسِينَ آيَةً

Artinya, “Dari Zaid bin Tsabit RA, dia berkata, ‘Sekali waktu kami sahur bersama Rasulullah SAW, kemudian beliau beranjak untuk melaksanakan shalat.’ Zaid bertanya, ‘Berapa jarak waktu antara adzan subuh dengan sahur?’ Nabi menjawab, ‘Kurang lebih setara lama waktu membaca 50 ayat Al-Qur’an.” (HR Bukhari).

Jauhi perbuatan maksiat

Ketiga, upaya berikutnya adalah menjauhi perbuatan maksiat. Dosa-dosa yang kita perbuat akan menjadi beban spiritual sehingga menjadikan malas beribadah.

Imam al-Ghazali menjelaskan, orang yang gampang melakukan maksiat akan membuat hatinya keras dan dijauhkan dari rahmat Allah. Hal inilah yang akan membuat dia malas beribadah.

Al-Ghazali kemudian mengutip kisah seorang laki-laki yang mengadu kepada Hasan al-Bashri karena susah bangun malam untuk melakukan tahajud.

Laki-laki itu berkata, “Wahai Abu Sa’id (Hasan al-Bashri), semalaman aku dalam keadaan sehat, lalu aku ingin melakukan salat malam dan aku telah menyiapkan kebutuhan untuk bersuci, tapi mengapa aku tidak dapat bangun?” Hasan al-Bashri menjawab, “Dosa-dosamu telah mengikatmu.”

Ilustrasi. (Pixabay @AhmadArdity)

Al-Ghazali juga mengutip kisah penyesalan Sufyan ats-Tsauri karena tidak bisa salat tahajud gara-gara melakukan satu dosa. Sufyan ats-Tsauri pernah berkata, “Aku tidak mampu shalat malam selama lima bulan gara-gara satu dosa yang pernah aku lakukan.”

Sufyan lalu ditanya, “Memang dosa apa yang telah kau perbuat.” Sufyan menjawab, “Sekali waktu aku melihat seorang laki-laki menangis, lalu aku membatin bahwa laki-laki itu hanya pencitraan (riya). (Abu Hamid Muhammad al-Ghazali, Iḫyā ‘Ulūmiddīn, 2016: juz I, h. 466.

Ibnu Abbas juga pernah menyampaikan terkait pengaruh perbuatan maksiat, salah satunya membuat tubuh malas beribadah. Ia berkata,

إِنَّ لِلْحَسَنَةِ ضِيَاءً فِي الْوَجْهِ، وَنُوْرًا فِي الْقَلْبِ، وَسَعَةً فِي الرِّزْقِ، وَقُوَّةً فِي الْبَدَنِ، وَمَحَبَّةً فِي قُلُوبِ الْخَلْقِ، وَإِنَّ لِلسَّيِّئَةِ سَوَادًا فِي الْوَجْهِ، وَظُلْمَةً فِي الْقَبْرِ وَالْقَلْبِ، وَوَهْنًا فِي الْبَدَنِ، وَنَقْصًا فِي الرِّزْقِ، وَبُغْضَةً فِي قُلُوبِ الْخَلْقِ

Artinya, “Sesungguhnya pada kebaikan terdapat sinar pada wajah, cahaya dalam hati, kelapangan dalam rezeki, kekuatan pada badan, dan kecintaan pada hati makhluk. Sesungguhnya pada kejelekan terdapat kegelapan pada wajah, gulita pada alam kubur dan hati, kelemahan pada badan (untuk beribadah), kekurangan dalam rezeki, dan kebencian pada hati makhluk.” (Abdul Majid Kisyk, Fi Riḥābit Tafsīr: juz XIV, h. 3316)

Tag Ramadan Puasa ramadan 1446 h Ibadah Ramadan

Terkini