Bandara Sam Ratulangi Tutup Lagi Imbas Gunung Ruang Erupsi

FTNews- Bandara Sam Ratulangi, Manado kembali tutup imbas erupsi Gunung Ruang, di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

Pemberitahuan penutupan operasional bandara terpublikasi lewat informasi dari Notice to Airmen (NOTAM). Dengan Nomor Notam: A1148/24 NOTAMR A1144/24 mulai tanggal 30 April pukul 08.45 WITA sampai dengan pukul 12.00 WITA. Dan diperpajang kembali selama 24 jam sampai dengan tanggal 01 Mei 2024 pukul 12.00 WITA.

“Kami harus melakukan penutupan kembali operasional penerbangan Bandara Samratulangi. Karena sebaran abu vulkanik yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan,” ujar Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado, Ambar Suryoko, Selasa (30/4).

Ambar juga menyebut, selain Sam Ratulangi ada beberapa bandara yang tutup sementara pada hari ini (30/4) akibat erupsi Gunung Ruang.

Yaitu Bandara Djalaluddin Gorontalo yang tutup hari ini sampai dengan pukul 16 WITA. Sementara bandara lainnya yakni Bandara Melonguane, Bandara Naha, Bandara Siau, Bandara Bolaang Mongondow, Bandara Miangas, dan Bandara Pohuwato tutup 24 jam terhitung mulai hari ini.

Erupsi Gunung Ruang

Sebelumnya, Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara kembali mengalami erupsi pada Selasa (30/4) pukul 08.35 WITA. Erupsi tersebut menyebabkan tinggi kolom letusan 5000 meter di atas puncak Gunung Ruang.

“Terjadi erupsi G. Ruang pada hari Selasa, 30 April 2024, pukul 08:35 WITA. Tinggi kolom letusan teramati ± 5000 m di atas puncak (± 5725 m di atas permukaan laut).” tulis Petugas Pos Pengamatan Gunung Api, Julius Rampolii lewat laman resmi magma esdm.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) juga melaporkan, kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam. Dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan selatan.

BACA JUGA:   Tiga Perwira Ditangkap Propam Polri Terkait Jual Beli Penerimaan Bintara di Polda Jateng

“Erupsi beserta awan panas ke segala arah. Erupsi masih berlangsung saat laporan sedang di buat,” tulis PVMBG dalam keteranganya resminya.

Artikel Terkait