Bendungan Pulau Tobek Diresmikan, Sekdaprov: Ini untuk Irigasi Pertanian dan Wisata

FTNews, Kampar— Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto meresmikan Bendungan Pulau Tobek Katoman Indah di Kelurahan Air Tiris, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar.

Dikutip dari mediacenter.riau, bendungan yang dibangun tahun 2024 guna menjawab keluhan masyarakat terkait irigasi sawah yang tidak berfungsi dengan baik. Sehingga ketika musim panas sawah masyarakat setempat terjadi kekeringan.

Menanggapi keluhan tersebut, Pemprov Riau langsung membangun bendungan yang diberi nama Pulau Tobek Katoman Indah. Bendungan itu selain digunakan untuk irigasi sawah dan kolam ikan masyarakat, juga difungsikan menjadi destinasi pariwisata baru di Ari Tiris.

Sekda Riau mengatakan, dengan diresmikan Pulau Tobek Katoman Indah tersebut selain untuk irigasi sawah dan kolam ikan, juga dapat menambah obyek pariwisata baru di Air Tiris. Dimana Air Tiris dikenal dengan wisata religi dan budaya yakni Masjid Jami’ Air Tiris.

“Saya harap kehadiran Pulau Tobek Katoman Indah ini, kunjungan wisata di Air Tiris akan semakin meningkat dan berdampak positif terhadap perekonomian, dengan meningkatnya pendapatan UMKM,” kata SF Hariyanto.

Dengan diresmikan destinasi pariwisata tersebut, SF Hariyanto berharap waduk itu dapat digunakan untuk olahraga tradisional seperti pacu sampan dan lainnya.

“Semoga ini menjadi penyemangat bagi kita semua untuk melanjutkan pembangunan, teruma sektor pariwisata yang lebih maju,” tandasnya.

Sementara itu, Pj Sekda Kabupaten Kampar, Ahmad Yuzar mengapresiasi gerak cepat Sekda Riau SF Hariyanto. Ketika ia menjabat Pj Gubernur Riau langsung menanggapi keluhan warga dan direalisasikan pembangunan Tobek Katoman Indah tersebut.

“Saya tahu betul beliau (SF Hariyanto). Untuk menjawab kebutuhan masyarakat tak menunggu waktu lama bagi beliau. Hari ini kita saksi sendiri dengan terwujud Tobek Katoman Indah. Ini merupakan gerak cepat dan tanggap Pak SF Hariyanto merealisasikan kebutuhan masyarakat Kampar. Ini lah pemimpin yang sebenarnya,” katanya.

BACA JUGA:   Pipa Minyak Milik Pertamina di Rohil Bocor, Semburan Mengenai Rumah Warga dan Jalan

Tak hanya Tobek tersebut, lanjut Ahmad Yuzar, Sekda Riau juga selama menjabat Pj Gubernur Riau telah menuntaskan beberapa jembatan mangkrak di Kabupaten Kampar, seperti jembatan di Rantau Kasih, Lumayan Manis dan lainnya.

“Padahal jembatan itu merupakan proyek mangkrak sudah 7 tahun. Namun, berkat gerak cepat dan kepedulian beliau, akhirnya jembatan mangkrak itu saat ini sudah bisa dirasakan masyarakat manfaatnya,” tutupnya.

Senada, Tokoh Masyarakat Air Tiris, Haris dalam kesempatan tersebut juga mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Riau terkhusus Sekda Riau yang telah bergerak cepat memenuhi permintaan warga atas kebutuhan tobek untuk irigasi sawah dan kolam ikan.

“Terima kasih pak Sekda atas bantuannya yang telah merealisasikan bendungan/tobek ini. Somoga Allah membalas kebaikan bapak,” ungkapnya.

Hal itu disampaikan Haris, karena Tobek tersebut mulai dibangun bulan Mei dan pada bulan September 2024 sudah selesai.

“Jadi tak menunggu lama langsung direalisasikan oleh Pak Sekda. Kami berharap, setelah ini Pak Sekda bisa membantu pembangunan jalan di Pulau Tobek Katoman Indah lebih kurang 500 meter menggunakan paving blok, termasuk jalan masuk menuju jalan destinasi dengan semenisasi,” pintanya.

Untuk diketahui, rehabilitasi daerah irigasi Pulau Tobek Katoman Indah seluas 186,98 hektare dilakukan oleh Pemprov Riau melalui Dinas PUPR-PKPP Riau Bidang Sumber Daya Air (SDA).***

Artikel Terkait

Ribuan Pencari Kerja Serbu Riau Job Fair 2024, Tersedia 3.000 Lowongan Kerja

FTNews, Pekanbaru--- Ribuan pencari kerja ramai-ramai menyerbu Riau Job...

Pelaksanaan Program Makan Siang B2SA di Pekanbaru akan Libatkan UMKM Lokal

FTNews--- Pemerintah Kota Pekanbaru siap melaksanakan program makanan bergizi...

Kota Pekanbaru Terima Investasi Rp2,978 Triliun pada Semester Pertama 2024

FTNews, Pekanbaru--- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu...

Delapan Kepala Daerah Maju Pilkada, Pj Gubri Usulkan 18 Nama untuk Pjs

FTNews, Pekanbaru--- Delapan kepala daerah di Provinsi Riau maju...

Tim Anggar Riau Capai Target 3 Emas, Masih Memburu 2 Emas Tambahan

FTNews, Banda Aceh--- Anggar yang menjadi salah satu cabang...