Biar Rumah Aman saat Mudik, Lakukan Tips Ini

FTNews – Hari Raya Idulfitri segera tiba. Masyarakat pun sudah mulai bergerak mudik, kembali ke kampung halaman. Namun perlu kecermatan saat meninggalkan rumah beberapa hari.

Sebab keteledoran bisa fatal dan dampaknya tentu saja merugikan si pemilik rumah maupun tetangga.

Berikut tips aman, meninggalkan rumah selama mudik:

1. Cabut peralatan elektronik

Sebelum berangkat mudik Lebaran 2024, pastikan untuk memeriksa seluruh rumah dan mencabut kabel televisi, komputer, serta perangkat elektronik lainnya. Terlebih perangkat ini terhubung ke stopkontak atau steker.

Tindakan ini tidak hanya mencegah lonjakan listrik yang mungkin terjadi, tetapi juga dapat menghemat uang Anda.

2. Kunci rumah dengan rapat

Pastikan untuk mengunci semua pintu dan jendela dengan rapat sebelum meninggalkan rumah. Hal ini penting untuk menjaga keamanan rumah, sehingga Anda dapat bepergian dengan pikiran yang tenang.

3. Pasang lampu otomatis

Untuk memberikan kesan bahwa rumah Anda masih ditempati, pertimbangkan untuk menggunakan lampu otomatis yang dapat diatur untuk menyala pada waktu tertentu.

Cara ini dapat membantu mengurangi risiko pencurian dan membuat Anda merasa lebih nyaman meninggalkan rumah selama perjalanan mudik.

4. Simpan barang berharga dengan aman

Jika Anda memiliki barang berharga, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang aman dan tersembunyi. Gunakan brankas atau cari tempat yang tidak mudah terlihat untuk menyimpan perhiasan, uang, dan dokumen penting lainnya.

Cabur regulator gas mencegah kebakaran. Foto: Media Sumutku

5. Bersihkan rumah dan tutup semua lubang

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan untuk membersihkannya dan menutup lubang-lubang di mana serangga dapat masuk. Jangan lupa untuk mencabut gas dari regulatornya juga, untuk menghindari risiko kebakaran atau kebocoran gas saat Anda mudik Lebaran 2024.

6. Laporkan kepada pihak RT atau RW

BACA JUGA:   LE SSERAFIM Umumkan Nama Resmi untuk Fandom Mereka

Jika Anda akan meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya laporkan kepada pihak RT, RW, atau satpam setempat. Mereka dapat membantu memeriksa rumah secara rutin selama Anda pergi, sehingga Anda dapat meninggalkan rumah dengan lebih tenang.

7. Pasang kamera keamanan

Pemasangan kamera keamanan atau CCTV dapat menjadi solusi untuk memantau keamanan rumah saat Anda sedang tidak berada di sana. Pasang kamera pengintai di area luar dan dalam rumah untuk memantau aktivitas di sekitar rumah.

8. Meminta bantuan tetangga

Jika Anda merasa tidak nyaman meninggalkan rumah begitu saja, Anda bisa meminta bantuan dari tetangga yang Anda percayai untuk menjaga rumah selama Anda pergi. Hal ini dapat memberikan keamanan tambahan dan memastikan rumah Anda tetap aman selama perjalanan mudik Lebaran 2024.

Artikel Terkait

IShowSpeed Kontak Mamat Alkatiri, Minta Ditemenin ke Papua

FT News – Komika Mamat Alkatiri dihubungi oleh tim...

Nikita Mirzani Sebut Khodam Razman Arif Nasution Kura-Kura Ninja

FT News – Nikita Mirzani Mawardi meluapkan emosinya melalui...

IShowSpeed Naik Ayunan di Pinggir Tebing: Santai, Santai!

FT News - Dalam rangka tur di negara ASEAN, Youtuber...

Sah! Gamers Cantik Listy Chan Mualaf

Nama Listy Chan, gamers cantik yang sempat populer di...

Duo Anggrek Comeback Lewat Mekar: Lebih Fresh

Penghujung tahun 2024, Duo Anggrek yang diawaki Devay dan...