CCTV Museum Nasional Diamankan, Sempat Mati saat Ruangan Terbakar

Forumterkininews.id, Jakarta – Polisi telah mengamankan CCTV yang menyorot ruangan saat insiden kebakaran yang melanda Gedung Museum Nasional atau Museum Gajah, di Jalan Merdeka Barat No.12, Gambir, Jakarta Pusat, pada Sabtu (16/9) malam.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin mengatakan, CCTV tersebut terekam petunjuk adanya kobaran api yang terlihat pada bagian belakang bangunan museum.

“Itu pun masih harus kita dalami, karena dari tayangan CCTV tidak langsung memperlihatkan ke titik (api) tersebut. Hanya terlihat warna kemerahan yang ada pada bagian belakang museum. Jadi itu hanya sekadar petunjuk saja,” kata Komarudin, saat dihubungi, Selasa (19/9).

Sementara itu Komarudin mengatakan pihaknya masih berusaha mencari tahu penyebab kebakaran melalui CCTV tersebut. Pasalnya barang bukti tersebut sempat mati ketika terjadinya insiden kebakaran.

“Itu masih kita cek lagi karena kan (CCTV) sempat terlihat, terus mati dan kita duga itu mati karena kabel yang terbakar mungkin,” ujar Komarudin.

Sekadar informasi, penyebab kebakaran Museum Nasional atau yang dikenal Museum Gajah pada beberapa waktu lalu masih terus kepolisian dalami.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin mengatakan, saksi yang bakal polisi periksa saat ini bertambah.

“Sampai kemarin siang 16 tambah lagi 5 sampai dengan semalam 21 saksi,“ kata Komarudin, saat dihubungi, pada Selasa (19/9).

Lebih lanjut ia tidak menjelaskan secara detail terkait lima saksi yang baru diperiksa. Namun Komarudin menyatakan dalam mengungkap penyebab kebakaran ini pihaknya perlu hati-hati karena objek terbakar merupakan tempat bersejarah.

“Dalam setiap penanganan kasus kebakaran, kita harus betul-betul mengetahui titik apinya dulu. Berbeda dengan kasus di tempat lain. Perbedaannya kan ini benda bersejarah yang tentunya ada faktor lain yang harus kita ketahui kita dalami ada atau tidaknya barang yang hilang di sana,” ucap Komarudin.

Artikel Terkait