Cegah Pelecehan Seksual, Transjakarta Tambahkan 10 Unit Bus Pink Khusus Wanita

Forumterkininews.id, Jakarta – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menambahkan sebanyak 10 unit bus pink. Bus itu didatangkan khusus untuk wanita guna mengurangi pelecehan seksual di kendaraan umum.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Anang Rizkani Noor mengatakan bus-bus tersebut akan efektif melayani masyarakat mulai awal minggu ini.

“Ini merupakan tambahan dari 10 bus pink yang telah beroperasi sebelumnya. Nanti juga akan ada penambahan unit-unit lainnya secara bertahap,” ucap Anang, dalam keterangannya, Kamis (1/12).

Lebih lanjut ia mengatakan dengan adanya bus pink ini diharapkan dapat mengurangi resiko pelecehan seksual terhadap wanita.

“Selain itu untuk mencegah pelecehan seksual di fasilitas Transjakarta juga dipasang kamera di halte dan Bus. Kemudian juga ada petugas yang berjaga di bus dan halte, serta tersedianya pelaporan 24 jam dan dibentuknya tim penanganan yang bergerak cepat,” kata Anang.

Sementara itu bus pink ini dihadirkan untuk seluruh pelanggan wanita dari berbagai kalangan yang siap melayani masyarakat setiap hari. Mulai pukul 05.00 – 21.00 WIB dengan tarif regular Rp3.500.

Sebagai informasi, bus pink sendiri pertama kali diluncurkan bertepatan dengan hari Kartini pada 21 April 2016 lalu.

Sementara itu bus pink beroperasi di Koridor 6 dengan tujuan Ragunan – Dukuh Atas, Koridor 9 dengan tujuan Pinang Ranti – Pluit, dan Rute Puribeta – Dukuh Atas (13C).

Artikel Terkait