Dari Festival Kota Hingga Kampung, RK Berencana Datangkan Taylor Swift dan Coldplay

FTNews – Calon Gubernur dari Koalisi Indonesia Maju (Plus), Ridwan Kamil berjanji menjadikan Jakarta, setelah tidak lagi jadi ibu kota.

Politikus Partai Golkar ini mengatakan, kota global berbanding lurus dengan kota wisata.

Oleh karena itu, ia berencana untuk meningkatkan pariwisata kota di Jakarta dengan memperbanyak festival.

“Visi Jakarta Baru adalah menghadirkan lebih banyak festival kota. Misalnya, festival Coldplay, festival Taylor Swift jika memungkinkan kita undang, festival marathon, dan festival kota lainnya yang bisa menarik banyak pengunjung. Itu salah satunya,” ujar RK di Markas TKN Fanta Prabowo-Gibran, Jakarta Pusat, Senin (2/9).

TKN Fanta
Calon Gubernur Jakarta Ridwan memberikan semangat kepada palang pintu Betawi di kantor TKN Fanta, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (1/9). FTNews / Muhamad Nur Alfiyan

Selain berencana menghadirkan industri seni, Mantan Gubernur Jawa Tengah ini juga akan mengizinkan restoran internasional membuka cabangnya di Jakarta.

“Kota global biasanya memiliki berbagai pilihan makanan. Dari makanan Maroko hingga makanan Australia, semuanya tersedia,” tambahnya.

RK juga menekankan pentingnya menciptakan destinasi buatan di Jakarta, dengan mencontohkan wisata arsitektural seperti yang ada di Dubai.

“Ada yang namanya wisata arsitektural. Misalnya, modern arsitektural seperti di Dubai. Nah, Jakarta baru kita ciptakan seperti itu,” tegas RK.

Potret Ridwan Kamil-Suswono [Akun X PKS]
Tak hanya berada di tengah kota, Mantan Wali Kota Bandung ini pun akan membuat destinasi wisata di kampung-kampung.

Ia berharap para turis yang datang ke Jakarta dapat menginap di rumah penduduk setempat.

“Jadi, maaf ya, turis tidak hanya menginap di hotel mewah, tetapi juga bisa menginap di kampung, di homestay. Dulu saya lakukan itu, sekarang saya ingin menerapkannya di Jakarta,” jelas RK.

“Bayarnya cuma Rp 300.000, tidur di rumah penduduk, sarapannya nasi goreng dengan telur ceplok sambil ngobrol dengan ibu yang punya rumah. Tiga bulan kemudian, bisa jadi dia datang lagi untuk melamar anaknya,” canda RK.

Artikel Terkait