Di Indonesia Ada Lho Penerbangan yang Butuh Waktu 2 Menit!

FTNews – Perjalanan menggunakan pesawat memang, merupakan transportasi yang memangkas waktu estimasi dibandingkan akses melalui darat ataupun laut.

Namun siapa sangka, penerbangan ini hanya membutuhkan waktu kurang dari dua menit. Untuk mencapai lokasi tujuan. Penerbangan dari Desa Kegata ke Apowo di Papua menjadi penerbangan dengan rute terpendek di Indonesia dengan waktu tempuh 73 detik.

Bahkan rute ini digadang-gadang menjadi rute terpendek kedua di dunia.

“Saking sebentarnya, rute penerbangan ini disebut sebagai rute terpendek di Indonesia dan terpendek kedua di dunia,” tulis @kemenparekraf.ri.

Maskapai yang menghubungkan rute tersebut yakni milik Susi Air, jarak rute tersebut hanya sekitar 2 km.

Tetapi, akses antarwilayah sulit ditempuh melalui jalur darat, karena memiliki tebing yang sangat curam di antara tempat tersebut.

Meski hanya kurang dari dua menit. Mata akan dimanjakan dengan pemandangan alam Papua yang indah dan asri.

Jika menggunakan transportasi darat, seperti bis atapun mobil, bisa memakan waktu dan perjalanan berhari-hari. Sebab jalur yang masyarakat lewati harus memutar.

Sehingga masyarakat Papua bergantung dengan transportasi yang bisa memangkas banyak waktu.

Ilustrasi Cockpit Pesawat. (Foto:Pexels)

Penerbangan Tercepat hingga Terlama

Selain penerbangan tersebut, ada beberapa penerbangan lainnya. Yang juga terbilang cepat dan irit waktu.

Penerbangan rute Pulau Westrey ke Pulau Papa Westray Skotlandia hanya membutuhkan waktu 2 menit di udara. Karena jarak tempuhnya hanya sekitar 2,7 km.

Namun, jika angin lebih kencang, perjalanan tersebut hanya membutuhkan waktu 47 detik saja. Dan sudah tercatat dalam Guiness World Record sebagai perjalanan pesawat tercepat.

Lalu ada Penerbangan Karpathos ke Kasos Rute Karpathos. Perbangan ini hanya membutuhkan waktu 5 menit perjalanan. Dengan jarak tempuh 3,2 km. Maskapai Olympic Air yang menyediakan layanan penerbangan ini.

BACA JUGA:   Ternyata Tersangka Pengancam Ria Ricis Dapat Foto Pribadi Hasil Retas Ponsel

Berbeda dengan rute penerbangan New York, USA ke Singapura. Rute ini menjadi rute terpanjang tanpa transit, dengan memakan waktu tempu 18 jam 40 menit.

Rute ini berada di Bandar Udara Jhon F. Kennedy di New York ke Bandar Udara Internasional Changi (SIN) di Singapura.

Artikel Terkait