Doli Kurnia: IKN Dibangun Berkaca ke Kawasan BSD dan Alam Sutera

Forumterkininews.id, Jakarta- Panitia Khusus Rancangan Undang-undang Ibu Kota Negara (Pansus RUU IKN) menjadwalkan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur (Kaltim) Jumat dan Sabtu (15/1) . Kemudian ke kawasan BSD City dan Alam Sutera, Minggu (16/1).

Ketua Pansus IKN DPR RI, Amhad Doli Kurnia mengatakan, peninjauan lapangan ke BSD dan Alam Sutera dilakukan karena dua kawasan tersebut sukses membangun kota baru. Bahkan kawasan tersebut dikatakan sebagai kota cerdas, hijau, dan berkelanjutan.

“Kita kan ini sekarang mau membangun ibu kota baru. Kita harus melihat contoh-contoh di mana tempat-tempat yang sudah dikategorikan memenuhi slogan-slogan itu,” kata Doli, Kamis (13/1).

Dia menyampaikan, pemerintah mengusulkan agar pihaknya punya bayangan soal IKN baru yang akan dibangun berkaca pada kawasan BSD dan Alam Sutera. Peninjauan lapangan ini penting karena pihaknya sudah mau masuk tahap pembicaraan soal master plan IKN baru.

“Apalagi kita nanti mau bicara soal master plan. Kemudian kita juga akan berkunjung pada hari minggu ke BSD dan Alam Sutera,” ucapnya.

Sebelum ke BSD dan Alam Sutera, Doli berkata, Pansus RUU IKN DPR akan melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur (Kaltim). Salah satu agenda kunjungan kerja ke Kaltim memastikan lahan bakal ibu kota baru berstatus tanah negara.

Dia menuturkan, Pansus RUU IKN juga akan bertemu masyarakat setempat untuk mendengar aspirasi mereka mengenai rencana pemindahan ibu kota ke Kaltim.

“Kita besok ketemu dengan seluruh LSM atau kelompok masyarakat yang selama ini memberikan aspirasinya di sana. Kita juga ketemu pemerintah daerah, rapat di sana,” ujar Waketum Golkar itu.

Pansus RUU IKN berencana mengesahkan RUU IKN menjadi UU pada Selasa (18/1) mendatang.
Studi banding dilakukan DPR ke sejumlah kota. Salah satunya kunjungan kerja Pansus RUU IKN DPR ke Kazakhstan pada 2-5 Januari 2022.

Artikel Terkait

Gus Miftah Ungkap Rencana Jokowi Usai Lengser

FT News - Joko Widodo (Jokowi) akan mengakhiri masa...

Menpora Dito Minta Maaf Atas Kekurangan PON Aceh-Sumut 2024

FT News - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito...

PON XXI Aceh-Sumut 2024 Resmi Ditutup, Menko PMK: Sampai Bertemu di PON NTB-NTT

FT News - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan...