DPR akan Panggil Mendag Lutfi Soal Migor, Pekan Depan

Forumterkininews.id, Jakarta – DPR RI Sufmi Dasco akan memanggil Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi untuk memberikan klarifikasi seputar persoalan minyak goreng pada Senin (25/4).

Hal itu dikatakan Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, saat audiensi dengan 15 perwakilan buruh dan mahasiswa, Kamis (21/4).

Pemanggilan dilakukan usai Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan anak buah Lutfi, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri (Dirjen PLN) Kemendag Indrasari Wisnu Wardhana ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi pemberian fasilitas ekspor minyak goreng mentah (Crude Palm Oil/CPO).

“Senin kita akan undang Mendag, minta penjelasan soal minyak goreng lagi,” ujarnya di Komplek gedung Parlemen.

Senada, Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel membenarkan Komisi VI DPR akan menggelar rapat kerja dengan Lutfi pada Senin (25/4). Menurutnya, rapat itu digelar untuk mencari tahu perkembangan distribusi dan keberadaan bahan pokok di pasar. Namun, dia berkata, pemanggilan tersebut tidak akan membahas soal penetapan Wisnu sebagai tersangka kasus korupsi pemberian fasilitas ekspor minyak CPO.

“Ya, jadi memang Komisi VI (DPR) akan mengundang Mendag untuk membahas bagaimana situasi, update dari pada pendistribusian dan keberadaan bahan pokok di pasar. Di samping membahas tentu hal-hal yang lain,” tuturnya.

Sebelumnya, Kejagung menetapkan Wisnu sebagai tersangka kasus korupsi pemberian fasilitas ekspor minyak CPO.

Merespons itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kejagung untuk mengusut tuntas kasus mafia minyak goreng. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta aparat penegak hukum tak berhenti di empat orang tersangka yang telah ditetapkan. Jokowi ingin semua mafia minyak goreng diungkap dan diproses hukum.

Artikel Terkait